Permainan Terlalu Rumit, Gamer Boikot FIFA 18

Cahyandaru Kuncorojati    •    Senin, 27 Nov 2017 21:16 WIB
game
Permainan Terlalu Rumit, Gamer Boikot FIFA 18
Tampilan dalam game FIFA 18.

Jakarta: Sebuah game harusnya memiliki mode permainan yang menantang pemainnya sehingga membuat adiksi. Anehnya game sepakbola FIFA 18 justru membuat permainan sangat rumit dan Bikin kesal.

Saking kesalnya, gamer di Amerika Serikat menyerukan gerakan memboikot penjualan game FIFA 18 dalam acara diskon Black Friday yang digelar kemarin di Amerika Serikat. Kampanye #FixFifa telah beredar di forum Reddit, YouTube, Twitter, bahkan layanan untuk membuat petisi online Change.org.

Gerakan boikot ini muncul akibat sistem permainan FIFA 18 yang dinilai menjebak pemain untuk menghabiskan waktu serta uang lewat fitur micro-transaction di game tersebut dengan hasil yang tidak sepadan, seperti yang dilaporkan oleh Polygon.

Misalnya, untuk mendapatkan sebuah karakter FIFA yang bisa dimasukkan dalam tim, Anda harus mengikuti 40 pertandingan dalam seminggu, dengan durasi hingga 16 jam hanya untuk sebuah pertandingan yang berdurasi 20 menit, belum ditambah pengaturan formasi tim.

Dalam sebuah petisi online yang sudah ditandatangi sebanyak 30.000 orang, mereka mengakui bahwa sistem permainan tersebut sangat menguras mental dan kesehatan gamer. Sistem micro-transaction yang disediakan juga dianggap cara yang kelewatan untuk EA, penerbit game FIFA menguras uang pemainnya.

Salah satu gamer menceritakan bahwa dia membeli sebuah paket pemain dengan isi random yang harganya sangat mahal, dan hanya mendapatkan satu karakter pemain terbaik. Berbeda dengan paket pemain yang dijual dengan harga murah, tapi hasil karakternya lebih memuaskan.

Kasus ini menambah panjang masalah EA terkait sistem permainan dan microtransaction di dalam permainan yang mereka buat. Beberapa hari sebelumnya, pemain juga memprotes sistem microtransaction di game Star Wars Battlefront II. Beberapa negara bahkan menanggapnya sebagai judi.


(MMI)

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah
Review Smartphone

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah

1 week Ago

Huawei Nova 2i dilengkapi dengan 4 kamera. Inilah ulasan lengkap performanya. 

BERITA LAINNYA
Video /