Independensi Ubisoft Terancam Hilang Jika Diakusisi Vivendi

Riandanu Madi Utomo    •    Jumat, 25 Nov 2016 15:03 WIB
industri game
Independensi Ubisoft Terancam Hilang Jika Diakusisi Vivendi
Bos Ubisoft khawatir independensi studionya terancam jika diakuisisi Vivendi

Metrotvnews.com: Berita mengenai Vivendi yang terus mendesak ingin mengakuisisi Ubisoft memang sudah cukup lama terdengar.

Vivendi yang merupakan salah satu konglomerat media di Prancis tersebut semakin memperluas pengaruhnya di Ubisoft dan sudah hampir menguasai developer dan publisher yang sangat dikenal dengan seri game Tom Clancy dan Assasin's Creed tersebut.

Hal tersebut tentu saja membuat berbagai pihak internal Ubisoft khawatir, salah satunya adalah Vice President of Live Operation Ubisoft, Anne Blondel. Kepada PCGamesN, Blondel mengutarakan kekhawatirannya jika Ubisoft diakuisisi oleh Vivendi. Blondel bahkan mengatakan Ubsioft dipastikan akan berubah secara drastis jika telah diakuisisi oleh Vivendi.

"Independensi adalah salah satu nilai utama Ubisoft. Itulah yang membuat Ubisoft tetap bisa bertahan selama 30 tahun. Dengan beroperasi secara independen, kami bisa menghadirkan berbagai game terbaik meski harus mengambil risiko lebih," ujar Blondel.

Pernyataan Blondel memang cukup masuk akal. Ubisoft sendiri saat ini memang tidak bisa disejajarkan dengan studio game lainnya. Selain telah memiliki badan publikasi independen, Ubisoft juga telah memproduksi berbagai game besar seperti Assassin's Creed, Far Cry, hingga game Tom Clancy. Tentu saja semuanya merupakan game yang dibuat dengan dana sangat besar.

Ubisoft saat ini memang tengah mencoba menggalang dukungan. Beberapa waktu yang lalu, Ubisoft dilaporkan sedang meminta dukungan ke berbagai investor di Kanada

Selain itu, mereka juga sudah mulai menjalankan kampanye yang berpihak pada gamer, seperti membagikan game gratis menjelang ulang tahun ke-30, serta berjanji akan mengubah model bisnis yang selama ini dianggap terlalu banyak monetisasi.


(MMI)

Xiaomi  Mi 7 Muncul di MWC 2018?
MWC 2018

Xiaomi Mi 7 Muncul di MWC 2018?

15 hours Ago

Xiaomi akan turut hadir di ajang MWC 2018 mendatang, dan dikabarkan akan mengumumkan Mi 7.

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.