Xbox One Kalahkan PS4 3 Bulan Terakhir, Apa Sebabnya?

Riandanu Madi Utomo    •    Senin, 17 Oct 2016 18:21 WIB
industri game
Xbox One Kalahkan PS4 3 Bulan Terakhir, Apa Sebabnya?
Penjualan Xbox One kini lebih unggul dari PlayStation 4

Metrotvnews.com: Secara mengejutkan, XBOX One dilaporkan berhasil mengalahkan penjualan PlayStation 4 selama tiga bulan terakhir. Kembalinya momentum Xbox One ke pasar memang bukan karena kebetulan semata. Menurut Game Revolution, semuanya hadir berkat berbagai faktor. 

Berikut ini adalah faktor yang mempengaruhi pesatnya penjualan Xbox One:

1. Munculnya Xbox One S
Diperkenalkan pertama kali pada pameran E3 2016, Xbox One S menjadi pendorong utama meningkatnya penjualan Xbox One di tiga bulan terakhir. Konsol baru Microsoft ini tidak hanya tampil lebih ringkas, tapi juga hadir dengan berbagai perbaikan mulai dari kipas yang semakin senyap hingga perbaikan pada sistem pengoperasiannya.

2. Dukungan format 4K Blu-Ray
Perkembangan teknologi 4K telah membuat sebuah format baru muncul, yaitu 4k Blu-Ray. Saat ini, format tersebut merupakan standar tertinggi untuk video dan telah diadopsi oleh banyak pihak. Sayangnya, perangkat untuk memutar film dengan format ini masih jarang ditemukan. Jika ada pun harganya masih tinggi.



Xbox One S yang dibanderol dengan harga USD299 (Rp3,9 juta) tentu menjadi primadona, karena selain bisa digunakan untuk bermain game, konsol ini juga bisa digunakan sebagai pemutar film 4K Blu-Ray. Jika dibandingkan dengan pemutar film 4K Blu-Ray lain yang rata-rata harganya berkisar di USD300 (Rp3,9 juta), Xbox One S sudah pasti lebih dipilih karena fungsinya yang lebih banyak.

3. Fungsi yang lebih beragam
PlayStation 4 memang memiliki banyak layanan. Bahkan saat peluncuran, fitur yang ditawarkan oleh PlayStation 4 lebih beragam. Namun, perlahan Microsoft terus mengejar ketinggalan tersebut.

Dan kini, Xbox One mulai memiliki fitur yang tidak bisa dihadirkan di PlayStation 4. Fitur tersebut di antaranya adalah Backward Compability, controller baru yang lebih nyaman, dan fitur Play Anywhere yang memungkinkan game Xbox One dimainkan di PC.

4. Game yang semakin atraktif
Sejak semester kedua tahun 2016, game di Xbox One terlihat lebih menarik ketimbang game PlayStation 4. Game eksklusif seperti Gears of War 4 dan Forza Horizon 3 adalah 2 judul game yang dirilis di semester kedua 2016. Selain itu, Microsoft juga telah bermitra dengan EA dan menghadirkan akses khusus untuk pemainnya di beberapa game termasuk Battlefield 1.



5. HDR
Xbox One S merupakan konsol pertama yang mendukung teknologi HDR. Teknologi gambar ini memang telah terbukti dapat membuat gambar terlihat lebih baik karena warna yang ditampilkan jauh lebih beragam. Sony juga memiliki konsol HDR, yaitu PlayStation 4 Slim, tapi perilisannya sedikit terlambat sehingga konsumen telah berpaling ke Xbox One S terlebih dulu.

6. Harga yang bersaing
Xbox One S dibanderol dengan harga USD299, yaitu harga yang dinilai sebagai "golden price". Di harga tersebut, konsol akan menjadi sebuah perangkat yang terjangkau oleh kelas menengah. Harga tersebut juga USD50 (Rp650 ribu) lebih rendah dari PlayStation 4 Slim.


(MMI)

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power
Review Smartphone

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power

1 week Ago

LG X Power memang memiliki baterai yang awet dan dapat mengisi baterai dengan cepat. Sayangnya,…

BERITA LAINNYA
Video /