Flappy Bird Tak Lagi Bisa Dimainkan di iOS 11

Cahyandaru Kuncorojati    •    Kamis, 21 Sep 2017 11:08 WIB
teknologigame
Flappy Bird Tak Lagi Bisa Dimainkan di iOS 11
Flappy Bird memiliki sistem permainan yang sederhana, namun tingkat kesulitannya membuat banyak pemain dibuat frustasi

Metrotvnews.com: Apple tidak hanya meluncurkan iPhone terbaru, tetapi juga sistem operasi iOS 11. Sayangnya iOS 11 justru membunuh beberapa aplikasi lama, salah satunya game legendaris Flappy Bird.
 
Kita masih ingat betul betapa populernya game Flappy Bird beberapa tahun lalu. Game sederhana yang memberikan tugas menjaga karakter burung terus terbang tanpa jatuh atau menabrak rintangan via mengetukkan jari Anda.

Game ini pun sempat viral karena banyak pemain yang dibuat frustasi ketika gagal, setelah berhasil menerbangkan burung dalam permainan hingga jangka waktu yang lama.
 
Kabar dukanya, game yang pertama kali dirlis pada App Store pada 24 Mei 2013 ini dan tercatat diunduh sebanyak 50 juta kali setahun kemudian, tidak bisa dimainkan lagi pada perangkat yang memperbaharui sistem operasinya ke iOS 11.

Penyebabnya, iOS 11 hanya mendukung aplikasi yang berjalan pada sistem 64-bit, artinya Flappy Bird dan aplikasi lain yang berjalan di sistem 32-bit akan benar-benar mati.
 
Dikutip dari Polygon, kreator Flappy Bird Dong Nguyen menjelaskan lewat halaman Facebook pribadinya bahwa dia benar-benar tidak akan memperbarui sistem aplikasi dari game buatannya, tanpa disertai alasan jelas.


 
Artinya, ketika iPhone milik Anda sudah update ke iOS 11, begitu memilih aplikasi Flappy Bird, akan muncul notifikasi bahwa Anda harus memperbarui game tersebut untuk memainkannya. Hal ini juga akan terjadi pada aplikasi dengan sistem 32-bit lainnya.
 
“Tanggung jawab saya atas game tersebut sebenarnya sudah selesai di tahun 2014. Dan pernyataan hari ini hanyalah sebuah jawaban atas banyaknya pihak yang bertanya soal peristiwa kali ini,” ungkap Dong Nguyen di halaman Facebook pribadinya.
 
Di tahun 2014, sebetulnya pihak Apple telah meminta kepada seluruh developer aplikasi untuk mengubah aplikasinya mendukung sistem 64-bit. Berkat dukungan gamer, Flappy Bird masih bisa diakses dengan cara ilegal. 

Game Flappy Bird tidak hanya membuat pemainnya frustasi pemainnya. Dong Nguyen sendiri juga frustasi di awal karena tidak menyangka bahwa game tersebut bisa menjadi populer dan menjadi pembicaraan dunia. Dong Nguyen bahkan sempat menarik Flappy Bird dari Google Playstore, beberapa saat sebelum kembali merilis dalam versi berbayar untuk perangkat Android.


(MMI)

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah
Review Smartphone

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah

1 week Ago

Huawei Nova 2i dilengkapi dengan 4 kamera. Inilah ulasan lengkap performanya. 

BERITA LAINNYA
Video /