Kominfo Ancam Blokir Pukul Guru Anda dalam 48 Jam

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 02 Feb 2018 18:39 WIB
kominfogames
Kominfo Ancam Blokir Pukul Guru Anda dalam 48 Jam
Permainan dimulai dengan guru yang memarahi sang murid.

Jakarta: Kementerian Komunikasi dan Informatika telah meminta penyedia game "Pukul Guru Anda" untuk menutup game tersebut dalam waktu 2x24 jam. Alasannya karena game tersebut memiliki judul provokatif dan berisi kekerasan. 

"Kementerian Kominfo menerima aduan konten dari media yang berisi game dengan judul provokatif kekerasan yang tidak sesuai. Laporan disampaikan juga kepada Menteri Rudiantara," kata pihak Humas Kominfo.

"Hal ini segera ditindaklanjuti dan telah dikomunikasikan ke penyedia konten pada pukul 15.30. Penyedia konten diminta untuk menutup (takedown) dalam waktu 2x24 jam."

Seperti namanya, permainan Pukul Guru Anda mengajak pemain untuk melakukan tindakan kekerasan pada guru. Game ini memiliki tampilan sederhana dengan grafik 2D monokrom.

Ketika mulai bermain, pemain akan melihat seorang murid duduk di samping gurunya. Sang guru terlihat sedang memarahi sang murid.

Tugas Anda sebagai pemain sederhana: klik atau ketuk barang di dalam ruangan yang bisa digunakan sebagai senjata. Barang yang bisa Anda jadikan senjata akan berubah warna menjadi merah ketika Anda mengarahkan kursor ke barang tersebut.

Ada banyak barang-barang yang biasa ditemukan dalam kehidupan sehari-hari yang bisa pemain gunakan, mulai dari penyemprot nyampuk, payung hingga termos air. 

Meskipun memiliki grafik sederhana, game ini menunjukkan adegan pembunuhan guru oleh sang murid dengan eksplisit. Memang, sebelum Anda bermain game ini, Anda akan mendapatkan peringatan bahwa game mengandung konten berupa kekerasan eksplisit dan meminta Anda untuk tidak melanjutkan jika Anda tidak suka. 



Game Pukul Guru Anda diterbitkan oleh Poki. Dalam situsnya, Poki menyebutkan dirinya sebagai "penerbit permainan lintas perangkat dengan 30 juta pengguna lebih dari seluruh dunia."

Mereka menjelaskan, mereka bekerja sama dengan pengembang dan studio game untuk "memberi Anda permainan online yang terbaru secara gratis."

Menariknya, Poki menyebutkan bahwa tujuan mereka adalah untuk "menjadi tempat bermain online yang paling seru untuk anak-anak dengan segala usia." Padahal, konten dengan kekerasan eksplisit seperti Pukul Guru Anda jelas bukanlah game yang pantas untuk dimainkan anak-anak. 

Saat ditanya apakah Kominfo telah menghubungi pihak Poki, Juru BIcara Kementerian Kominfo, Noor Iza mengatakan bahwa mereka sudah menghubungi Poki meski belum mendapatkan jawaban. 

"Dalam laman mereka disebutkan kontak ke mereka akan dibalas dalam waktu maksimal 1x24 jam," kata Noor. "Apabila 1x24 jam tidak ada balasan, maka akan menjadi pertimbangan khusus untuk dilakukan pemblokiran."


(MMI)

Nokia 2, Smartphone Paling Terjangkau dari HMD
Review Smartphone

Nokia 2, Smartphone Paling Terjangkau dari HMD

1 week Ago

Nokia 2 merupakan smartphone kelas pemula dari HMD. Ini ulasan tentang kelebihan dan kelemahann…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.