PUBG Makin Populer, Moonton tak Takut

Lufthi Anggraeni    •    Rabu, 05 Sep 2018 16:21 WIB
game
PUBG Makin Populer, Moonton tak Takut
Moonton tetap optimis Mobile Legends: Bang Bang jadi game terpopuler di Indonesia, meski PUBG semakin populer.

Jakarta: Industri game di Indonesia mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan selama satu tahun terakhir. Mobile Legends: Bang Bang menjadi salah satu game mobile yang turut mendorong peningkatan popularitas game mobile di Indonesia.

Belakangan, ranah game mobile di Indonesia turut dimeriahkan oleh kehadiran game Player Unknown's Battergrounds (PUBG). Peningkatan popularitas PUBG menimbulkan persaingan ketat. Meskipun begitu, Moonton mengaku bahwa hal itu tidak melunturkan optimisme untuk tetap bertahan di pasar Indonesia.

"Kami tidak memandang sebelah mata persaingan di industri game, terutama di Indonesia. Tapi kami yakin, upaya kami memaksimalkan layanan akan menjadikan Mobile Legends sebagai game yang populer di Indonesia," ujar Operational Manager Moonton Indonesia Dimaz Wiratama S.

Selain itu, Wira juga menyebut bahwa Moonton sebagai pengembang dan penerbit game Mobile Legends: Bang Bang selalu mengantisipasi persaingan. Wira mencontohkan, saat pesaing merilis fitur baru, Moonton memilih untuk memikirkan hal lebih baik yang dapat disuguhkannya untuk pemain game Mobile Legends: Bang Bang tanpa menyerang pesaing secara terang-terangan.

Optimisme dalam menghadapi persaingan ranah game di Indonesia, disebut Wira, juga didukung oleh pemahaman terkait budaya lokal Indonesia yang dimiliki oleh Moonton. Pemahaman ini dinilai Moonton memungkinkannya untuk menghadirkan konten yang sesuai dengan kebutuhan pemain game Mobile Legends: Bang Bang di Indonesia.

Sebelumnya, Moonton juga mengumumkan akan terus menambah konten lokal untuk pasar Indonesia, termasuk melalui kehadiran Kadita, karakter baru yang terinspirasi oleh tokoh lokal. Selain itu, Moonton juga akan menggandeng lebih banyak pengisi suara dari Indonesia untuk karakter Mobile Legends: Bang Bang.

Sebagai informasi untuk saat ini, Moonton telah menggandeng selebriti Indonesia, Jessica Iskandar, sebagai pengisi suara karakter Layla.


(ELL)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.