Layanan Game Streaming Jadi Pelengkap Esport Indonesia

Cahyandaru Kuncorojati    •    Jumat, 28 Sep 2018 08:04 WIB
gamesesport
Layanan Game Streaming Jadi Pelengkap Esport Indonesia
Atlet esport Indonesia, Ryan Prakasha atau dikenal dengan julukan

Jakarta: Kehadiran layanan streaming seperti YouTube dan media sosial lainnya memang menjadi kesempatan bagi siapapun untuk membagikan pengalamannya bermain game.

Para gamer kini banyak yang tidak hanya memiliki target untuk menjadi atlet esport, tapi juga melakoni profesi sebagai game streamer lewat live streaming. Hal ini yang juga yang turut melahirkan beberapa layanan live streaming khusus game.

Nimo TV kini muncul di Indonesia, setelah lebih dulu tumbuh di beberapa negara seperti Thailand, Vietnam, Singapura, Malaysia hingga Brazil. Platform ini menyakini bahwa game streaming juga memiliki andil dalam mempopulerkan dan membesarkan industri esport.

Nimo TV mengklaim bahwa patform mereka memberikan kesempatan yang terbuka lebar bagi penggunanya untuk tidak sekadar menyaksikan atlet esport bermain, tapi juga berinteraksi langsung dan menunjukkan kemampuan mereka sendiri.

"Pecinta game tidak hanya mendapatkan hiburan, tetapi juga mendapatkan pembelajaran berharga dari pro-players secara langsung. Besar harapan kami, Nimo TV dapat menjadi bagian penting dari proses pembinaan atlet esport di Indonesia," ungkap Head of Marketing Huya Limited Nimo TV Indonesia, Kevin Raharja.

Menurut Ketua Umum Asosiasi Esport Indonesia (IeSPA), Eddy Lim, platform streaming khusus di bidang game menjadi sebuah pelengkap ekosistem pendorong esport Indonesia. Selain mempopulerkan esport dan membagikan konten positif, bisa memicu munculnya bakat baru di esport Tanah Air.

"Ekosistem yang dimaksud adalah kesatuan antara peran pemerintah, asosiasi, pro-players, dan platform game streaming yang saling berperan satu sama lain. Esport di Indonesia masih pada tahap awal, tapi ini merupakan awal yang sangat menjanjikan," jelas Eddy.

Kehadiran layanan seperti Nimo TV juga dilihat sebagai solusi atas tantangan industri game dan esport Indonesia, bahwa industri ini masih dianggap sebagai kegiatan pengisi waktu luang dan bukan cabang olahraga profesional. 


(MMI)

Roccat Kone AIMO, Premium Pakai Kecerdasan Buatan
Review Mouse Gaming

Roccat Kone AIMO, Premium Pakai Kecerdasan Buatan

2 days Ago

Roccat Kone AIMO digolongkan sebagai mouse gaming premium dengan fitur yang sangat pantas dimil…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.