Kompetisi Esport Piala Presiden Resmi Digelar

Cahyandaru Kuncorojati    •    Senin, 28 Jan 2019 14:10 WIB
gamesesport
Kompetisi Esport Piala Presiden Resmi Digelar
Pembukaan Piala Presiden Esport 2019.

Jakarta: Keinginan Presiden Joko Widodo untuk membesarkan industri esport hari ini direalisasikan dengan diumumkannya Piala Presiden Esport 2019 di kantor Sekretariat Negara, Jakarta.

Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF), Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Kantor Staf Kepresidenan (KSP), dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkomfinfo) berkolaborasi dengan menggandeng IESPL (Indonesia Esports Premier League) untuk menyelenggarakan kompetisi ini.

Presiden IESPL, Giring Ganesha, mengklaim bajwa ajang esport kali ini bukan hanya yang terbesar, tapi juga sebagai kompetisi yang didukung penuh oleh pemerintah Republik Indonesia.

"Kami ingin mewujudkan harapan Bapak Joko Widodo yang sempet menyampaikan bahwa esport di Indonesia harus dikembangkan karena memiliki potensi nilai positif bagi generasi muda dan juga bangsa," ungkap Giring.

Hal ini senada dengan yang disampaikan sebelumnya oleh Kepala Staf Kepresidenan, Dr.Moeldoko.

Disebutkan bahwa Presiden Joko Widodo ingin esport dikembangkan karena memiliki nilai kompetitif yang menjujung sportivitas, memicu kreativitas, dan bisa berkontribusi terhadap perekonomian.

Piala Presiden Esports 2019 akan mempertandingkan satu game saja, yaitu Mobile Legends: Bang Bang. Menurut Giring, game ini masih lebih populer di Indonesia dan lebih mudah dijangkau banyak gamer di Indonesia karena bermodalkan smartphone.

"Sejauh ini satu game dulu, kita lihat yang paling populer dan bisa dimainkan banyak orang. Ke depannya kalau IESPL masih terpilih maka bisa ditambah lagi karena di kompetisi  IESPL sendiri multicabang, ada banyak game," jelas Giring.

"Di Piala Presiden Esport 2019 ini batasan umurmya mulai dari 14 tahun. Tidak ada pemisahan antara tim atau pemain esport laki-laki dan perempuan. Semua terbuka, bahkan untuk gamer disabilitas," tambah Giring.

Persyaratan lain juga harus dipenuhi yaitu rank dari akun game Mobile Legends:, Bang Bang yang dipertandingkan harus tingkat Legend, Epic, atau Mythic. Akun yang dimainkan harus sesuai dengan yang didaftarkan.

Pendaftarannya dibuka mulai hari ini, dengan laga grand final yang akan digelar pada 30-31 Maret 2019 di Istora Senayan, Jakarta. Giring masih enggan menyebutkan total hadiahnya.

Seleksi akan dilakukan di delapan kota yaitu Denpasar, Palembang, Pontianak, Surabaya, Solo, Makassar, Manado, Bekasi. Nantinya akan dicari 64 tim terbaik dari tiap kota untuk diseleksi lagi dan berkesempatan bertanding melawan 12 tim undangan IESPL.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.