Pokemon Go

Celah Pokemon Go Bikin Telur Pemain Menetas Tanpa Harus Berjalan

Riandanu Madi Utomo    •    Selasa, 21 Feb 2017 22:59 WIB
gamespokemon go
Celah Pokemon Go Bikin Telur Pemain Menetas Tanpa Harus Berjalan
Pokemon Go punya bug yang bisa curangi sistem di dalam game

Metrotvnews.com: Update Pokemon Go ternyata memiliki bug.

Menurut BGR, beberapa pemain Pokemon Go di Reddit melaporkan adanya bug yang memungkinkan mereka menetaskan telur Pokemon tanpa harus berjalan kaki dalam jarak tertentu. 

Bug tersebut tentu saja menguntungkan pemain, namun merusak inti mekanis game Pokemon Go yang memang mengajak pemainnya untuk bertualang ke luar rumah.

Bug tersebut diperkirakan berasal dari sistem GPS yang ada di dalam game. Sistem GPS Pokemon Go sebelumnya memang sudah dikenal sangat tidak akurat, dan melalui update kali ini Niantic tampaknya membuat sistem tersebut menjadi semakin rusak. 

Beberapa pemain mengatakan mereka sering mengalami GPS drifting, atau sebuah fenomena dari kesalahan teknis yang membuat lokasi pemain menjadi berada jauh dari lokasi yang sebenarnya. Ketika pemain bergerak sedikit, GPS akan melakukan rekalkulasi dan hasilnya seringkali juga menimbulkan efek drifting yang cukup jauh.

Akibatnya, sistem Pokemon Go menganggap pemain telah berjalan kaki dengan jarak yang jauh sehingga telur pemain bisa menetas dengan mudah. Beberapa perangkat juga diketahui lebih rentang mengalami GPS drifting, seperti Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge, serta iPhone 5. 

Hingga kini Niantic masih belum merilis pernyataan resmi terkait bug tersebut. Yang pasti bug GPS tersebut diperkirakan akan bertahan di Pokemon Go untuk sementara waktu.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.