Super Mario Run Diunduh 200 Juta Kali, Nintendo Kurang Puas

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 01 Nov 2017 08:08 WIB
nintendosuper mario run
Super Mario Run Diunduh 200 Juta Kali, Nintendo Kurang Puas
Super Mario Run berhasil memperkenalkan NIntendo di pasar mobile.

Metrotvnews.com: Game pertama Nintendo, Super Mario Run, sangat populer. Namun, popularitas saja tidak cukup untuk Nintendo. Dalam laporan keuangan terbarunya, Nintendo menyebutkan bahwa Super Mario Run telah diunduh sebanyak 200 juta kali dengan 90 persen pengunduh berasal dari luar Jepang. 

Meskipun begitu, Nintendo berkata bahwa walau jumlah pengunduh Super Mario Run Banyak, game itu belum mendapatkan keuntungan yang memuaskan. Sayangnya, NIntendo tidak memberikan informasi detail terkait berapa banyak pengguna yang rela mengeluarkan Rp149 ribu untuk dapat memainkan keseluruhan Super Mario Run. Harganya yang cukup mahal dianggap sebagai satu kelemahan dari game tersebut.

Sebaliknya, Fire Emblem Heroes -- yang menggunakan sistem free-to-play dengan banyak pembelian dalam game -- terbukti lebih menguntungkan untuk Nintendo.

Perusahaan Jepang itu memang tidak memberikan angka spesifik untuk game itu, tapi mereka berkata bahwa salah satu alasan di balik kesuksesan Heroes adalah karena game itu terus diperbarui sejak diluncurkan pada bulan Februari. 

"Untuk game ini, kami mendengarkan suara konsumen kami dan terus memberikan update," kata Nintendo. "Hasilnya, kami bisa memenuhi rencana kami untuk mencapai tujuan kami, termasuk target keuntungan."

Nintendo juga berharap akan dapat melanjutkan kesuksesan ini dengan merilis Animal Crossing: Pocket Camp untuk perangkat mobile pada bulan depan. Sama seperti Heroes, game itu akan menjadi game free-to-play dengan pembelian dalam game yang memungkinkan pemain untuk membeli item dan mempercepat bagian tertentu dari game. 

"Tujuan kami adalah untuk menawarkan layanan yang memungkinkan pelanggan yang bahkan biasanya tidak bermain game sekalipun dapat bermain dengan puas setiap hari," kata Nintendo terkait game barunya itu. 

Meskipun Mario Run tidak menghasilkan keuntungan sebanyak yang Nintendo harapkan, game itu sukses untuk memperkenalkan Nintendo di pasar game mobile, pasar yang sebelumnya tidak tersentuh oleh perusahaan Jepang itu. Selain itu, tampaknya game itu juga memiliki dampak positif pada penjualan Super Mario Odyssey untuk Nintendo Switch. 


(MMI)

Nokia 2, Smartphone Paling Terjangkau dari HMD
Review Smartphone

Nokia 2, Smartphone Paling Terjangkau dari HMD

1 week Ago

Nokia 2 merupakan smartphone kelas pemula dari HMD. Ini ulasan tentang kelebihan dan kelemahann…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.