Skyegrid, Startup Lokal Penyedia Game Streaming

Cahyandaru Kuncorojati    •    Jumat, 10 Aug 2018 13:33 WIB
gamesstartup
Skyegrid, Startup Lokal Penyedia Game Streaming
CEO Skyegrid Rolly Edward (paling kiri) dan Menteri Kominfo Rudiantara (kedua dari kiri) saat meresmikan layanan cloud streaming game Skyegrid.

Jakarta: Medcom.id pernah memberitakan sebuah layanan cloud game yang telah dihadirkan, seperti NVIDIA Geforce Now, PlayStation Now, dan yang terbaru adalah yang tengah dikembangkan Xbox dan Google.

Kini layanan serupa dihadirkan di Indonesia lewat startup lokal bernama Skyegrid yang ingin memfasilitas gamer di Indonesia untuk bisa memainkan game terbaru kelas AAA tanpa harus memiliki perangkat gaming mumpuni.

"Selama ini, untuk memainkan game AAA, kita membutuhkan konsol game, misalnya PlayStation, Xbox, atau PC berspesifikasi tinggi. Tapi, tak semua orang mampu membelinya. Inilah alasan saya dan teman-teman tergerak menciptakan solusi bernama Skyegrid," jelas CEO Skyegrid Rolly Edward saat meresmikan layanannya di Balai Kartini, Jakarta, kemarin.

Rolly bersama rekannya menawarkan solusi bagi gamer untuk memainkan game AAA tanpa harus menegluarkan biaya lebih banyak untuk menyediakan perangkat gamingt sesuai system requirement yang dibuthkan game.

Jadi gamer nantinya hanya membutuhkan perangkat gaming dengan system requirement yang ditentukan Skyegrid, bukan game yang diingankan. Berbekal koneksi internet dan layanan cloud Skyegrid, gamer cukup berlangganan layanannya dan memainkannya secara streaming.

Rolly menyebutkan bahwa paket berlangganan di Skyegrid tersedia mulai dari Rp179 ribu untuk durasi berlangganan selama 30 hari. Harga tersebut jauh lebih murah ketimbang harus menyediakan perangkat gaming serta membeli game yang ingin dimainkan.

"Bayangkan seseorang harus membeli sebuah konsol game, misalnya Sony PlayStation 4 (500GB) seharga Rp3,5 juta, lalu perlu satu unit TV yang harga rata-ratanya Rp2,5 juta untuk ukuran 32 inci, belum lagi gamenya yang rata-rata seharga Rp300 ribu. Jika ditotal, seseorang tersebut harus merogoh kocek Rp6,3 juta," jelas Rolly.

Sejauh ini Skyegrid sudah menyediakan 50 game kelas AAA terpopuler dari 25 publisher game ternama seperti Ubisoft, CD Projekt, Epic Games, 2K, dan banyak lagi. 

Layanan Skyegrid sudah bisa diunduh di PC atau laptop berbasis Windows dan MacOS, sampai PS4 dan Xbox One. Layanan Skyegrid juga tersedia untuk perangkat Android dan iOS.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.