Asian Games 2018

Jepang Juara PES 2018 di Asian Games 2018

Cahyandaru Kuncorojati    •    Minggu, 02 Sep 2018 11:12 WIB
asian games 2018esport
Jepang Juara PES 2018 di Asian Games 2018
Jepang menjadi juara pertama kompetisi esport PES 2018 di Asian Games 2018. (GGWP.id)

Jakarta: Kompetisi terakhir dari rangkaian kompetisi esport Asian Games 2018 resmi digelar kemarin dengan mempertandingkan game Pro Evolution Soccer (PES) 2018 garapan Konami.

Kompetisi kemarin sekaligus menjadi penutup dari enam game esport yang dipertandingkan di Asian Games 2018. Di kompetisi PES 2018 kali ini ada delpan negara yang ikut serta termasuk Indonesia, di antaranya Group A terdiri dari Hong Kong, Malaysia, Iran, Kazakhstan.

Sementara di Group B ada Indonesia, Vietnam, Jepang, dan India, dikutip dari GGWP. Dilaporkan bahwa sejak babak penyisihan Group B atle esport perwakilan Jepang yakni Sugimura Naoki dan Aihara Tsubasa mendominasi kompetisi dengan berhasil membungkan tiga lawan satu grup.

Permainan yang disajikan tersebut dinilai menyajikan sebuah permain superior yang memperlihatkan keahlian mereka sebagai tim dari negara asal game PES 2018. Sementara di Group A ada tim Malaysia sebagai Runner-Up dan Iran sebagai paling unggul dari grup tersebut.

Di babak semifinal Jepang yang menjadi juara gup terlebih dahulu bertanding melawan atlet esport perwakilan Malaysia. Kedua pemain Jepang dikabarkan sempat kesulitan dalam mencetak gol namun hasil akhir skor 2-0 dihasilkan Jepang dan membawanya maju ke babak final.

Keberhasilan tim perwakilan Iran memang tidak disangka karena tidak ada yang memprediksi bahwa mereka bisa bermain hingga babak final bertemu dengan Jepang.

Kehebatan tim Jepang tidak terpatahkan denga berhasil mengalah Iran lewat skor 2-1 sehingga berhasil menjadi juara pertama kompetisi PES 2018 di Asian Games 2018 sementara Iran sebagai juara kedua.

Perebutan juara ketiga berlangsung antaratim runnerup masing-masing grup yakni Malaysia dari Group A melawan Vietnam dari Group B yang berhasil dibawa pulang oleh tim Vietnam dengan skor 2-1.

Perwakilan Indonesia di kompetisi ini harus puas bermain di babak penyisihan Group B sebagai juara ketiga dengan unggul melawan India tapi kemudian dibungkam oleh Jepang dan Vietnam.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.