Kekurangan Konten, Microsoft Ingin Perbanyak Developer untuk Xbox

Riandanu Madi Utomo    •    Selasa, 07 Nov 2017 18:15 WIB
games
Kekurangan Konten, Microsoft Ingin Perbanyak Developer untuk Xbox
Microsoft ingin perbanyak first-party developer

Metrotvnews.com: Kebanyakan produsen konsol seperti Nintendo dan PlayStation memang lebih banyak memproduksi game melalui first-party developer.

Artinya, game yang ada di platform mereka berasal dari developer game yang memang dimiliki oleh Sony atau Nintendo sendiri. Microsoft juga mengambil langkah yang serupa di Xbox dan Xbox 360. Namun, untuk Xbox One, Microsoft masih kurang berani menghadirkan game dari first-party developer.

Untuk itulah Microsoft bakal segera berbenah. Baru-baru ini Head of Xbox, Phil Spencer, mengatakan pihaknya bakal mengakuisisi berbagai studio game untuk dijadikan first-party developer Xbox One. Investasi ini diharapkan bisa membuat Xbox One lebih perkasa di pasar.

"Kami harus berkembang, dan ini mau tidak mau harus dilakukan," ujar Spencer dikutip dari PC GAMER. "Seharusnya keunggulan kami adalah menciptakan konten sendiri. Itulah mengapa kali ini kami akan memperluas usaha penciptaan konten eksklusif tersebut."

Microsoft memang bisa dikatakan sedang krisis konten eksklusif untuk Xbox. Setelah ditutupnya beberapa studio game seperti Lionhead, game eksklusif untuk Xbox One seperti menjadi kurang menarik di mata gamer.

Meski masih memiliki 343, Turn 10, dan Mojang, Microsoft masih tertinggal jauh dibandingkan Sony dan Nintendo yang memiliki lebih banyak first-party developer.

Menariknya, berita mengenai upaya Microsoft yang ingin memperbanyak first-party developer juga bakal berimbas pada gamer PC. Pasalnya, Phil Spencer pernah menjelaskan bahwa Xbox bukanlah sebuah konsol tetapi merupakan ekosistem.

Itu artinya, game eksklusif di Xbox One kemungkinan besar bakal hadir di PC Windows 10 yang merupakan bagian dari eksosistem gaming Microsoft.


(MMI)

Vivo V7+, Layar Luas Manjakan Pecinta Selfie
Review Smartphone

Vivo V7+, Layar Luas Manjakan Pecinta Selfie

1 day Ago

Vivo V7 Plus kembali mengunggulkan kemampuan kamera depan, yang diklaim mampu memanjakan penggu…

BERITA LAINNYA
Video /