Xbox Ingin Satu Game untuk Semua Perangkat

Cahyandaru Kuncorojati    •    Rabu, 14 Nov 2018 14:22 WIB
microsoftgamesxbox
Xbox Ingin Satu Game untuk Semua Perangkat
Xbox One X. (CNET)

Jakarta: Di tengah persiapan Xbox merilis konsol generasi terbaru, dalam sebuah wawancara, Chief of Xbox Microsoft Phil Spencer menyebutkan bahwa pihaknya tidak tertarik merilis konsol portabel seperti PlayStation dan Nintendo.

"Hari ini saya melihat pengalaman memainkan game di Xbox One X, dan menurut saya masih berhasil menyajikan pengalaman bermain game yang fantastis," ungkap Spencer. Menurutnya konsol masih menjadi perangkat gaming yang masih menarik ke depannya.

Spencer mengakui Xbox dan Microsoft selalu mencari ide baru mengenai platform gaming terbaru, tapi mereka enggan menghadirkan konsol portabel sendiri. Bagi Spencer segmen tersebut lebih tepat untuk smartphone iOS atau Android.

Spencer merasa lebih baik apabila fokus menyajikan game yang bisa dimainkan di semua perangkat gaming yang berbeda. Dia mencontohkan game Minecraft yang hadir di PC, konsol, dan smartphone, kemudian ada PUBG dan Fortnite yang kini bisa dimainkan di Xbox, PlayStation 4, dan PC.

"Saya memikirkan pertimbangan gamer dalam bermain. Di mana mereka ingin memainkan game? Mereka juga harus bisa memainkan game bersama teman-temannya kapanpun dan dari perangkat apapun. Jadi game yang dimiliki harus mendukung beragam konsol atau cross device," jelas Spencer.

Spencer ingin tidak ada game maupun konten yang dikunci hanya untuk satu jenis platform konsol. Dalam wawancara, Spencer juga sempat membahas masa depan layanan streaming game yang memungkinkan orang bermain game di perangkat apapun.

Microsoft juga memiliki proyel layanan steaming game bernama Project xCloud. Namun dia optimistis layanan tersebut tidak akan menggeser pengalaman bermain game lewat konsol. Layanan streaming hanya sebagai alternatif bagi gamer.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.