Microsoft Siapkan Kontrol Khusus Ponsel

Cahyandaru Kuncorojati    •    Senin, 29 Oct 2018 11:18 WIB
microsoft
Microsoft Siapkan Kontrol Khusus Ponsel
Desain kontroler Xbox untuk perangkat smartphone dan tablet.

Jakarta: Microsoft tampaknya semakin serius membawa bisnis konsol game Xbox ke arah game mobile.

Dikutip dari Windows Central, sebuah data dari Microsoft Research terungkap bahwa perusahaan tersebut berencana merilis kontroler Xbox untuk smartphone dan tablet.

"Game mobile menjadi semakin populer seiring pertumbuhan smartphone dan tablet namun beberapa game tampak kurang mampu menyajikan kontrol yang cocok untuk mobile devices tersebut. On-screen control juga tetap tidak bisa menyajikan pengalaman bermain yang memuaskan," tulis Microsoft dalam dokumen mereka.

Selain itu, Microsoft juga mengakui bahwa keberhasilan konsol seperti PlayStation Portable dan Nintendo DS maupun Switch didorong karena sebagai platform game mobile mampu menyajikan kontrol fisik seperti kontroler tradisional.

Menurut Microsoft hal ini yang mendorong munculnya beberapa perusahaan yang turut menghadirkan aksesori gaming untuk smartphone dan tablet. Oleh sebab itu Microsoft kini tengah menyiapkan purwarupa .



Dari gambar, diperlihatkan bahwa kontrol Xbox ini memiliki bentuk yang sangat lebar, dan bisa terbelah di bagian tengahnya untuk mengapit smartphone atau tablet yang digunakan.

Kabarnya desain proyek ini sudah dibuat sejak tahun 2014, dan kembali mengemuka dengan melihat keberhasilan NIntendo Switch yang menggaungkan konsol handheld di tengah tren smartphone.

Diduga kuat hal ini juga akan memperkuat strategi Xbox menyajikan layanan game streaming lewat proyek misterius bernama Project xCloud, yang sudah lebih dulu direalisasikan oleh Google lewat Project Streaming.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.