AoV Masuk Cabang Asian Games 2018?

Cahyandaru Kuncorojati    •    Senin, 07 May 2018 20:49 WIB
games
AoV Masuk Cabang Asian Games 2018?
AoV Star League 2018.

Jakarta: Kepopuleran mobile game semakin tidak bisa dihentikan lajunya, khususnya di kawasan Asia. Hal ini berbuah kegiatan tersebut yang selama ini dikategorikan sebagai esport dipilih masuk sebagai salah satu pertandingan Asian Games 2018 nanti.

Salah satu game mobile yang dipilih masuk Asian Games 2018 yang akan digelar di Jakarta dan Palembang adalah Arena of Valor (AoV) yakni game bergenre MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) yang dirilis Garena.

Kabar ini disampaikan oleh mantan selebritis yang kini menjadi Staf Khusus Bidang Keolahragaan Kemenpora Tommy Kurniawan pada ajang Grand Final AoV Star League 2018 kemarin, 6 Mei 2018, di Mall Taman Anggrek Jakarta. Pada ajang pertandingan tersebut seluruh peserta yang bertanding terdiri dari tim-tim profesional.

"Saya mendapat kabar bahwa saat ini Asian Games ada cabang esport. Dan Insya Allah Arena of Valor terpilih menjadi salah satu cabang yang akan dipertandingkan," ungkap Tommy di atas panggung seperti yang diunggah oleh akun Instagram Garena AoV Indonesia.

"Mungkin nanti tim yang terbaik pada hari ini dan besok yang akan menjadi juaranya bisa mewakili Indonesia menjadi Timnas Indonesia yang akan bertanding di Asian Games 2018 Agustus besok," lanjut Tommy.

Sayangnya, Tommy tidak menjelaskan alasan AoV terpilih menjadi game yang diikut sertakan dalam pertandingan Asian Games 2018. Sejak lama memang ada diskusi memasukkan esport sebagai salah satu cabang pertandingan.

Pihak Garena sendiri belum memberikan pernyataan resmi terkait hal ini, tapi beredar kabar bahwa pertandingan esport di Asian Games 2018 hanya akan menjadi eksibisi. Artinya para pemain tidak akan memperebutkan medali untuk saat ini.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.