Tiru Fallout Shelter, Game Westworld Dituntut Bethesda

Cahyandaru Kuncorojati    •    Sabtu, 23 Jun 2018 15:29 WIB
games
Tiru Fallout Shelter, Game Westworld Dituntut Bethesda
Fallout Shelter. (Forbes)

Jakarta: Developer frachise game Fallout yakni Bethesda dikabarkan baru saja mengajukan tuntutan ke pihak Warner Bros dan developer game Behaviour Interactive karena game Westworld yang dirilis beberapa minggu lalu dengan jelas meniru konsep game Fallout Shelter.

Dikutip dari Polygon pihak Bethesda telah mengajukan tuntutan ke pengadilan distrik Maryland, Amerika Serikat. PIhak Behaviour Intercative merupakan developer yang digandeng oleh Bethesda di tahun 2014 untuk menggarap game Fallout Shelter.

Game tersebut mengusung konsep free-to-play simulation yang berbasis jalan cerita seri game Fallout, pemain akan membangun ssebuah shelter lengkap dengan fasilitasnya untuk mempertahankan kehidupan mereka pasca ledakan nuklir.

Disebutkan bahwa dalam perjanjian kontrak antara Bethesda dan Behaviour Interactive, seluruh elemen yang dikembangkan dan digunakan untuk game Fallout Shelter otomatis akan menjadi milik Bethesda. Justru Bethesda menemukan elemen serta gameplay yang hampir mirip dengan game mobile Westworld.



Bagi Anda yang belum mengetahui, Westworld adalah serial TV yang ditayangkan HBO dan digarap bersama Warner Bros. Westworld menceritakan sebuah taman hiburan masa depan. Pengunjung bisa menjalankan petualangan di era Old West Amerika yang diisi oleh beragam robot untuk menghidupkan suasanya.



Jalan cerita ini kemudian diadopsi oleh game mobile Westworld yang serupa dengan Fallout Shelter. Perbedaannya adalah Anda menciptakan fasilitas untuk menjalankan taman hiburan Westworld. Apabila Fallout Shelter dirilis pada 2015, game Westworld baru dirilis tahun ini.

Menariknya, Bethesda juga menemukan bug yang sama di game Westworld seperti yang pernah muncul di game Fallout Shelter saat awal rilis. Artinya pihak Behaviour Interactive dengan jelas meniru kode komputer dengan program yang digunakan pada game Fallout Shelter.

Pihak Bethesda menegaskan bahwa Behaviour Interactive melakukan plagiat sepenuhnya dan hanya mengganti tampilan kosmetik atau sampul dari game dengan memberikan tampilan ala Westworld.




(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.