Developer Game Lokal Perlu Kesampingkan Tren Sesaat

Riandanu Madi Utomo    •    Sabtu, 11 Feb 2017 18:36 WIB
games
Developer Game Lokal Perlu Kesampingkan Tren Sesaat
Developer lokal dalam Megaxus Olimpiade 2016.

Metrotvnews.com, Jakarta: Industri game dunia terus berkembang dan tingkat perkembangannya juga sangat pesat. Hal tersebut didukung oleh perkembangan teknologi yang memungkinkan game kini bisa diakses oleh lebih banyak pengguna di berbagai perangkat. 

Indonesia juga tidak ketinggalan. Sebagai salah satu pasar game dengan pertumbuhan paling tinggi, Indonesia merupakan lahan manis bagi para developer game, termasuk developer game lokal. Namun, bagaimana kondisi developer game lokal saat ini?

Studio Manager Gameloft Indonesia, Andrei Vladimir Lascu, mengatakan developer Indonesia sebenarnya memiliki banyak potensi. Andrei mengatakan komunitas developer game di Indonesia terbilang aktif, meskipun tidak sebesar komunitas serupa di Amerika, Eropa, Jepang, dan negara maju lainnya. Meski demikian, komunitas tersebut tergolong cukup ambisius.

Di beberapa kota seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Bali, komunitas developer ini kerap berkumpul dan mengadakan acara seperti Game Jam, sesi sharing, dan pertemuan developer game. Andrei mengatakan sesi tersebut bisa mempererat hubungan antar developer game lokal sehingga ekosistemnya bisa berjalan dengan baik.

Banyak developer game lokal yang juga sangat tekun dalam mengembangkan game. Beberapa bahkan telah berhasil membuktikan game ciptaan developer lokal bisa bersaing di pasar game indie mancanegara.

“Kami beberapa kali bertemu dengan komunitas pengembang game dan kami mengagumi keuletan mereka untuk belajar dan mengembangkan game,” ujar Andrei kepada Metrotvnews.com.

Meski demikian, Andrei mengatakan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan lagi oleh para developer game lokal, salah satunya adalah tidak mengikuti tren sesaat. Menurut Andrei, game yang dibuat berdasarkan sebuah tren hanya akan bertahan selama tren tersebut digandrungi.

”Itulah alasan mengapa Anda tidak akan menemukan game ‘om telolet om’ buatan Gameloft di luar sana,” canda Andrei.

Game memerlukan landasan yang lebih mendalam untuk mempertahankan  pengguna dalam jangka panjang. Dalam kaitannya dengan pengembangan game, sebuah game tidak hanya wajib memiliki mekanik permainan yang bagus, namun juga harus memiliki meta loop yang baik untuk memancing para penggunanya agar terus bermain atau merasa terikat selama lebih dari beberapa sesi.

Kepada developer game lokal, Andrei menyarankan agar mereka terus belajar melalui para developer game besar. Andrei bahkan mengatakan ada banyak hal yang tidak bisa dipelajari dari buku melalui bekerja bersama developer game besar.

Pengalaman tersebut yang akan membuat developer game lokal bisa lebih mengerti proses pembuatan game dan alur pengembangannya, sehingga akhirnya bisa mendongkrak kualitas dan daya saing game lokal.

“Saya menyarankan bagi para pengembang game indie untuk mengumpulkan pengalaman dari perusahaan game yang berskala besar, dimana mereka dapat mempelajari dan melatih aspek-aspek tersebut,” ujar Andrei.

“Anda tidak dapat menggali pengalaman dari membaca buku pengembangan game.”

Pasar game Indonesia memang sangat besar dan harus digali potensinya secara maksimal. Semua itu tidak akan berhasil jika tidak ada kemauan bagi developer lokal menghadirkan game yang lebih inovatif serta berkualitas.


(MMI)

HP In-Ear Headset 150, Earphone Terjangkau Suara Jernih
Review Earphone

HP In-Ear Headset 150, Earphone Terjangkau Suara Jernih

1 week Ago

HP In-Ear Headset 150 menawarkan suara yang jernih dan desain yang nyaman dengan harga yang cuk…

BERITA LAINNYA
Video /