PlayerUnknown's Battleground

PUBG Digemari Tiongkok Ketimbang Amerika Serikat

Cahyandaru Kuncorojati    •    Sabtu, 24 Mar 2018 09:27 WIB
gamespubg
PUBG Digemari Tiongkok Ketimbang Amerika Serikat
Game PUBG (PlayerUnknown's Battlegrounds).

Jakarta: Setelah beberapa waktu lalu game PUBG mendapatkan lisensi untuk beredar di Tiongkok lewat Tencent, sang pemilik game tampaknya sudah bisa melihat hasilnya.

Dikutip dari PC GAMER, situs SteamSpy yang memantau penjualan dan kepopuleran game di layanan Steam memamerkan data terkait game PUBG di Tiongkok saat acara Game Developers Conference 2018 digelar.

SteamSpy menyebutkan bahwa game PUBG di Tiongkok dimainkan lebih sering dalam seminggu ketimbang di Amerika Serikat. Gamer PUBG di Tiongkok bisa memainkannya hingga waktu rata-rata 16 jam selama seminggu, sedangkan di Amerika Serikat hanya tujuh jam dalam seminggu.

Data lain yang ditemukan SteamSpy menyebutkan bahwa sebanyak 78 persen pengguna layanan Steam di Tiongkok pasti memiliki game PUBG. Di Amerika Serikat justru angka kepemilikannya enam kali lipat lebih besar.

Hal ini bisa dipahami bahwa gamer pengguna layanan Steam di Amerika Serikat membagi waktu bermain game mereka tidak hanya untuk game PUBG. Sayangnya, berdasarkan informasi yang diberikan pihak sistem anti-cheat BattlEye, 99 persen pengguna cheat yang tertangkap berasal dari Tiongkok.

Hal ini tidak akan menjadi positif bagi pengembang game PUBG, tapi juga Tencent sebagai pihak yang memberikan lisensi untuk game tersebut masuk ke Tiongkok. Bahkan beberapa hari lalu game PUBG versi mobile juga buatan Tencent sudah dirilis secara global.

Diprediksi bahwa tahun ini, pendapatan perusahaan Tencent juga sebagian besar akan berasal dari divisi game mobile seperti yang mereka alami pada tahun 2017.


(MMI)

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2
Review Smartphone

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2

2 weeks Ago

Xiaomi masuk industri smartphone selfie dengan merilis Xiaomi Redmi S2. Begini performanya. …

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.