Server Final Fantasy XIV Terkena Serangan DDoS

Riandanu Madi Utomo    •    Sabtu, 15 Jul 2017 14:34 WIB
gamescyber security
Server Final Fantasy XIV Terkena Serangan DDoS
Serangan DDoS terhadap server Final Fantasy XIV ini terjadi saat Square Enix merilis ekspansi baru untuk game tersebut bernama Stormblood

Metrotvnews.com: Server Final Fantasy XIV dilaporkan sedang mengalami serangan DDoS. Server yang diserang merupakan data center yang ada di wilayah Amerika Utara, dan serangan tersebut terjadi sejak bulan lalu.

Menurut PC GAMER, serangan DDoS terhadap server Final Fantasy XIV ini terjadi saat Square Enix merilis ekspansi baru untuk game tersebut bernama Stormblood.

"Kami membenarkan bahwa ada pihak ketiga yang sedang menyerang server Final Fantasy XIV. Hingga saat ini, kami terus meningkatkan sistem keamanan dan kapabilitas agar server bisa bertahan dari serangan tersebut," tulis pihak Square Enix melalui situs resminya.

Meski demikian, para penyerang tampak mengubah pola serangannya kali ini. Pihak Square Enix mengatakan saat ini para penyerang tersebut lebih memilih untuk menyerang ISP yang terkoneksi langsung dengan server Final Fantasy XIV. Serangan tersebut membuat layanan game Final Fantasy XIV untuk wilayah Amerika Utara terganggu.

Karena serangan sudah tidak lagi ada di infrastruktur milik Square Enix, serangan ini menjadi sulit untuk ditanggulangi. Square Enix juga telah meminta ISP tersebut agar bisa mempertahankan diri dari serangan DDoS yang dilancarkan.

Untungnya, sebagian besar pemain Final Fantasy XIV memiliki kualitas koneksi yang mumpuni dan kebanyakan dari mereka tidak terlalu peduli dengan serangan ini.


(MMI)