Gandeng Perfect World, Valve Bakal Bawa Steam ke Tiongkok

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 12 Jun 2018 12:11 WIB
games
Gandeng Perfect World, Valve Bakal Bawa Steam ke Tiongkok
Valve akan merilis Steam khusus Tiongkok.

Jakarta: Publisher Tiongkok, Perferct World akan membantu Valve membawa Steam ke Tiongkok. Ini artinya, Steam akan tersedia secara resmi untuk para gamer di negara Tirai Bambu tersebut, yang merupakan pasar gaming terbesar di dunia. 

Gamer Tiongkok menghabiskan uang lebih banyak untuk game daripada gamer Amerika Serikat. Tidak hanya itu, PC adalah platform gaming dengan pendapatan paling besar di Tiongkok, lapor VentureBeat

Memang, Valve telah bekerja sama dengan Perfect World agar game-game seperti Counter-Strike dan Dota 2 bisa dimainkan di Tiongkok. Namun, keputusan untuk mempererat kerja sama ini berarti akan ada semakin banyak game yang bisa masuk ke Tiongkok.

Baik Valve dan Perfect World tidak menjanjikan untuk memasukkan semua game yang ada di Steam. 

"Perfect World dan Valve akan bekerja sama soal Steam Tiongkok, secara aktif mempromosikan peluncurannya, mengiklannya dan membahas game-game yang akan dirilis," kata Valve dalam pernyataan resmi.

"Tidak ada perubahan terkait operasi dan layanan Steam di dunia akibat pengumuman ini." Sayangnya, Steam Tiongkok tidak memiliki tanggal rilis pasti. 

Keputusan Valve ini tampaknya merupakan jawaban mereka atas platform WeGame dari Tencent yang terus berkembang. Berbeda dengan Valve, Tencent adalah perusahaan Tiongkok, yang berarti mereka tidak harus menghadapi regulasi yang sangat ketat, seperti yang dihadapi Valve. 

Dengan menggandeng Perfect World, Valve seharusnya bisa menghadapi regulasi-regulasi yang dibuat pemerintah Tiongkok. 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.