Gamescom 2018

AoV Bakal Masuk Nintendo Switch, Bisa Main Bareng?

Cahyandaru Kuncorojati    •    Jumat, 24 Aug 2018 13:23 WIB
gamesnintendo
AoV Bakal Masuk Nintendo Switch, Bisa Main Bareng?
Game Arena of Valor di Nintendo Switch.

Jakarta: Kepopuleran game jenis MOBA (multiplayer online battle arena) yang selama ini tengah populer di perangkat smartphone dan lebih dulu di PC, tampaknya akan menjamur di kalangan pengguna Nintendo Switch.

Alasannya, game Arena of Valor garapan Tencent baru saja mengumumkan kehadiran mereka untuk Nintendo Switch saat mengisi acara Gamescom 2018. Rencananya, game tersebut akan segera hadir di bulan September nanti.

Tencent sudah menyiapkan dua tim developer yang berbeda untuk mengurus game Arena of Valor di smartphone dan Nintendo Switch. Sayangnya, kedua platform tersebut dikabarkan tidak bisa main bareng.

Engadget menerima informasi bahwa Tencent ingin memaksimalkan kemampuan dapur pacu Nintendo Switch, sehingga dari segi tampilan game tersebut jauh lebih menarik ketimbang versi smartphone berdasarkan trailer yang dirilis.

Dampaknya, pemain Arena of Valor di Android dan iOS dikabarkan tidak akan bisa bermain bersama atau bertarung satu sama lain dengan pemain di platform Nintendo Switch.



Di satu sisi, hal ini mungkin kabar buruk bagi penggemar game tersebut. Bagi Tencent, ini kesempatan untuk menciptakan pasar yang berbeda. Apabila selama ini game Arena of Valor versi smartphone telah dianggap sebagai bagian dari esport, kesempatan yang sama juga terbuka bagi game di platform Nintendo Switch.

Game Arena of Valor dikabarkan sudah menjadi game populer di dunia dengan jumlah pemain lebih dari 200 juta pemain bahkan sebelum meluncur di kawasan Amerika Utara di bulan Desember lalu.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.