Xbox One X Disulap Jadi Laptop

Cahyandaru Kuncorojati    •    Rabu, 03 Jan 2018 16:45 WIB
microsoft
Xbox One X Disulap Jadi Laptop
Xbook One X karya modder ternama Eddie Zarick.

Jakarta: Pada 7 November 2017 Microsoft resmi merilis konsol terbaru mereka, Xbox One X. 

Dilaporkan ExtremeTech, modder ternama Eddie Zarick kembali melakukan modifikasi pada Xbox One X, melanjutkan kebiasaannya terhadap setiap konsol gaming yang dirilis dan mengunggahnya ke YouTube.

Zarick melakukan moding pada Xbox One X menjadi sebuah perangkat yang dia beri nama Xbook One X. Xbook One X merupakan hasil modding Xbox One X dengan menambahkan keyboard serta layar lipat sehingga memiliki desain layaknya laptop. 

Meskipun begitu, bentuk asli Xbox One X masih terlihat jelas, sehingga bentuknya memang tidak setipis laptop. Zarick hanya melakukan modding pada bagian rangka Xbox One X saja dan tidak sampai mengubah spesifikasi dapur pacunya.



Meskipun bentuknya menyerupai laptop dengan tambahan keyboard, Zarick menyebutkan Xbook One X tetap masih bisa dimainkan dengan stik kontroler Xbox. Pemasanngan keyboard dan laptop di Xbook One X hanya memakan satu buah lubang port USB.

Xbook One X dilengkapi sebuah layar berukuran 21,5 inci ViewSonic resolusi 1080p. Setidaknya hal ini lebih memudahkan penggunanya memakai perangkat tersebut tanpa sambungan ke televisi. 

Tentu saja Xbook One X masih harus tersambung ke listrik karena tidak dibekali baterai. Rencananya, Zarick membuka permintaan untuk mereka yang juga ingin memiliki Xbook One X. 

Zarick memasang harga USD2.495 atau Rp33 juta untuk Xbook One X yang dibekali memori 1TB ditambah USD150 (Rp2 juta) untuk pengiriman unitnya. Perlu diketahui, harga Xbox One X sendiri hanya USD500 atau Rp6,7 juta dan harga monitor yang digunakan yaitu USD140 atau Rp1,8 juta. Jadi selisih harganya menjadi bayaran atas modding yang dilakukan Zarick.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.