PlayerUnknown's Battleground

Polres Malang Juga Gelar Kompetisi PUBG Mobile

Cahyandaru Kuncorojati    •    Minggu, 03 Feb 2019 14:30 WIB
gamesesportpubg
Polres Malang Juga Gelar Kompetisi PUBG Mobile
PUBG.

Jakarta: Beberapa hari belakangan Medcom.id kerap melaporkan ebragam kompetisi esport dalam negeri yang baru saja digelar dan digagas oleh beragam pihak. Mulai dari organisasi epsort hingga pemerintah.

Kini kompetisi esport terbaru justru digagas oleh aparta hukum, tepat pihak kepolisian. Hal ini diketahui Medcom.id dari akun Facebook pihak Kepolisian Polres Malang, Jawa Timur. Kompetisi esport ini akan mempertandingkan game PUBG Mobile saja.

Meskipun haya satu game tapi harus diakui bahwa game PUBG Mobile termasuk salah satu game mobile yang tengah populer di Indonesia. Apalagi game ini berbasis mobile sehingga banyak peserta yang bermodalkan smartphone.

Dalam poster yang diunggah disebutkan bahwa kompetisi esport ini bagian dari kampanye Millenial Safety Road Festival yang bakal diselenggarakan 9 Februari 2019 di Satpas Singosasri, Jalan Panglima Sudirman 181A Singosari, Malang.



Hadiah yang diselenggarakan memang tidak besar tapi cukup unik. Hadiah total yang disiapkan sebesra Rp3 juta dengan pembagian Rp1 juta untuk tiap sesi pertandingan. Ditambah hadiah Surat Izin Mengemudi gratis.

Belum diketahui maksud dari hadiah barusan apakah artinya proses pembuatannya tidak dipungut biaya atau bukan. Namun tertera bahwa hadiah satu ini harus memenuhi syarat dan ketentuan yang diberikan pihak Polres Malang.

Dari poster tersebut tidak tertera logo resmi dari game PUBG Mobile sehingga tidak diketahui apakah mendapatkan dukungan dari Tencent. Hal yang paling menarik perhatian adalah ilustrasi karakter PUBG yang dimodifikasi menggunakan seragam kepolisian.

Dari konfirmasi Medcom.id kepada pihak panitia penyelenggara dalam pesan singkat disebutkan bahwa dari slot untuk 200 peserta dan 50 squad PUBG Mobile yang tersedia sudah terisi penuh. Artinya kompetisi esport sederhana ini mendapatkan respon sangat positif meskipun nilai hadiahnya tidak menyentuh angka puluhan atau ratusan juta. 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.