Layanan Game Online Hawken Tutup Awal 2018

Riandanu Madi Utomo    •    Rabu, 04 Oct 2017 20:01 WIB
games
Layanan Game Online Hawken Tutup Awal 2018
Layanan game Hawken tutup tahun depan

Metrotvnews.com: Hawken, game pertempuran robot online yang dirilis tahun 2014 akan segera ditutup. Game tersebut akan dihapus dari Steam pada tanggal 2 Januari 2018 mendatang. DLC dan sistem microtransaction dalam game ini juga sudah dihentikan mulai tanggal 2 Oktober kemarin.

"Setelah tiga tahun dirilis di Steam dan melayani gamer, dengan berat hati kami akan menghentikan layanan game Hawken serta pengembangannya," tulis developer Reloaded Games melalui akun Facebook resminya.

"Game ini akan dihapus dari Steam pada tanggal 2 Januari 2018. Sementara DLC dan sistem in-game purchase sudah dibekukan per tanggal 2 Oktober 2017."

Hawken pertama kali dipamerkan pada tahun 2011, dan dikatakan masih dalam pengerjaan pada saat itu. Reaksi gamer pada saat pengenalannya sangat positif, dan ini merupakan salah satu game multiplayer yang paling ditunggu di PC. Tahun 2014 game ini resmi dirilis, dan setahun kemudian pihak Reloaded Games merilis versi Xbox One dan PlayStation 4.

Versi konsol dari game ini tampaknya masih belum ditutup, mengingat pengumuman kali ini secara spesifik menyebutkan untuk PC. Meski demikian, beberapa pengamat mengatakan versi konsol Hawken juga akan ditutup layanannya dalam waktu dekat.

Alasan penutupan layanan game Hawken masih belum jelas, namun kemungkinan besar dikarenakan oleh jumlah pemain yang sangat sedikit. Terakhir, game ini hanya memiliki 86 pemain aktif per hari. Jumlah tersebut jauh sekali di bawah rata-rata pemain aktif game online di Steam.




(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.