Steam: Gamer PC Suka Pakai Controller Xbox 360

Cahyandaru Kuncorojati    •    Kamis, 27 Sep 2018 13:11 WIB
gamessteam
Steam: Gamer PC Suka Pakai Controller Xbox 360
Ilustrasi stik kontroler.

Jakarta: Gamer PC mungkin identik bermain menggunakan keyboard dan mouse. Sementara gamer di konsol seperti PS4 dan Xbox One hanya menggunakan controller. Kenyataannya justru tidak begitu.

Dikutip dari data yang dirilis oleh layanan Steam milik Valve, disebutkan bahwa terhitung sejak tahun 2015, mereka menyediakan fitur map control untuk memindahkan kombinasi dari keyboard ke controller. Tercatat ada peningkatan penggunaan atau pairing controller.

Berdasarkan data Steam, disebutkan sudah ada lebih dari 30 juta pemain atau pengguna layanan Steam, yang mendaftarkan setidaknya satu controller. Lebih dari separuhnya bahkan mendaftarkan lebih dari satu jens stik kontroler.

Dari data tersebut kemudian Steam menjabarkan lagi jenis controller yang banyak digunakan pada layanannya. Controller Xbox 360 menjadi yang paling banyak digunakan, sebesar 27,2 juta unit yang terdaftar di layanan Steam.



Posisi kedua diisi oleh Dual Shock PS4 sebesar 12,2 juta unit, berbeda tipis dengan controller Xbox One sebanyak 11,5 juta juta unit.

Selain itu, controller dari PlayStation generasi sebelumnya, PS3, juga tidak kalah populer dengan jumlah 4,1 juta unit. Sisanya sebanyak 4,9 juta unit diisi oleh beragam jenis.

Steam masih memperdalam datanya lagi. Dari sisa sebanyak 4,9 juta unit ada stik kontroler buatan Stema yaitu Steam Controller sebesar 1,5 juta unit yang di belakkangnya ada stik kontroler jenis PC Gamepad sebanyak 1,4 juta unit.

Menariknya, kontroler dari perangkat Nintendo Switch yang catatannya merupakan konsol yang usianya masih ternyata juga banyak digunakan oleh pengguna layanan Steam. Tercatat ada sekitar 400 ribu unit pengguna Steam yang mendaftarkan controller Switch Pro.


(MMI)

Samsung Galaxy A9, Si Unik Berkamera Empat
Review Smartphone

Samsung Galaxy A9, Si Unik Berkamera Empat

22 hours Ago

Samsung mengakhiri tahun 2018 dengan ponsel inovatif dalam hal kamera dengan dukungan empat kam…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.