Ilmuwan Gunakan Game MMO Teliti Kondisi Menjelang Kiamat

Riandanu Madi Utomo    •    Selasa, 14 Mar 2017 18:47 WIB
games
Ilmuwan Gunakan Game MMO Teliti Kondisi Menjelang Kiamat
Game ArcheAge dijadikan objek penelitian mengenai kondisi menjelang kiamat

Metrotvnews.com: Apa yang Anda lakukan jika mengetahui dunia akan segera berakhir? Mungkin dalam bayangan Anda dunia akan semakin kacau karena manusia yang panik.

Namun, sebuah penelitian baru-baru ini mengungkapkan manusia justru akan lebih tenang ketika mendengar dunia akan segera berakhir.

Penelitian yang dipublikasikan di New Scientist tersebut dilakukan secara unik. Para peneliti melakukan observasi melalui sebuah game MMO bernama ArcheAge. Game MMO tersebut sempat membuka sesi open beta pada akhir tahun 2014 lalu segera berakhir dalam beberapa minggu. Sebelum seluruh data pemainnya dihapus dari server, data tersebut dianalisa oleh para ilmuwan.

Menurut hasil penelitian tersebut, peneliti menemukan adanya perilaku unik dari para pemain menjelang penutupan server beta, atau bisa dikatakan sebagai akhir dari dunia di dalam game.

Dari 270 juta data yang terekam, ilmuwan menyimpulkan adanya perilaku tidak terduga yang diperlihatkan para pemain game tersebut.



Di luar dugaan, para pemain justru lebih sering bersosialisasi. Jumlah rekaman chatting dan pesan juga meningkat seiring mendekatnya penutupan server. Menariknya lagi, pemain yang biasa membuat onar justru lebih memilih untuk diam dan bercengkrama dengan pemain lainnya. Bahkan ada pemain yang saling berkumpul untuk menyelesaikan misi bersama.

Intinya, tendensi sosial terlihat lebih meningkat dan kekacauan justru menurun di antara pemain menjelang server ditutup. Meski ini terjadi di sebuah game, namun ilmuwan mengatakan adanya korelasi antara perilaku manusia di dalam game dan di dunia nyata. Korelasi tersebut sangat erat, bahkan game dikatakan bisa menggambarkan kondisi pemain di dunia nyata.

Lalu apakah manusia akan lebih tenang menjelang kiamat? Tentu saja tidak ada jawaban yang pasti, namun penelitian ini bisa jadi menggambarkan kondisi tersebut.


(MMI)

HP In-Ear Headset 150, Earphone Terjangkau Suara Jernih
Review Earphone

HP In-Ear Headset 150, Earphone Terjangkau Suara Jernih

3 days Ago

HP In-Ear Headset 150 menawarkan suara yang jernih dan desain yang nyaman dengan harga yang cuk…

BERITA LAINNYA
Video /