Ilmuwan Gunakan Game MMO Teliti Kondisi Menjelang Kiamat

Riandanu Madi Utomo    •    Selasa, 14 Mar 2017 18:47 WIB
games
Ilmuwan Gunakan Game MMO Teliti Kondisi Menjelang Kiamat
Game ArcheAge dijadikan objek penelitian mengenai kondisi menjelang kiamat

Metrotvnews.com: Apa yang Anda lakukan jika mengetahui dunia akan segera berakhir? Mungkin dalam bayangan Anda dunia akan semakin kacau karena manusia yang panik.

Namun, sebuah penelitian baru-baru ini mengungkapkan manusia justru akan lebih tenang ketika mendengar dunia akan segera berakhir.

Penelitian yang dipublikasikan di New Scientist tersebut dilakukan secara unik. Para peneliti melakukan observasi melalui sebuah game MMO bernama ArcheAge. Game MMO tersebut sempat membuka sesi open beta pada akhir tahun 2014 lalu segera berakhir dalam beberapa minggu. Sebelum seluruh data pemainnya dihapus dari server, data tersebut dianalisa oleh para ilmuwan.

Menurut hasil penelitian tersebut, peneliti menemukan adanya perilaku unik dari para pemain menjelang penutupan server beta, atau bisa dikatakan sebagai akhir dari dunia di dalam game.

Dari 270 juta data yang terekam, ilmuwan menyimpulkan adanya perilaku tidak terduga yang diperlihatkan para pemain game tersebut.



Di luar dugaan, para pemain justru lebih sering bersosialisasi. Jumlah rekaman chatting dan pesan juga meningkat seiring mendekatnya penutupan server. Menariknya lagi, pemain yang biasa membuat onar justru lebih memilih untuk diam dan bercengkrama dengan pemain lainnya. Bahkan ada pemain yang saling berkumpul untuk menyelesaikan misi bersama.

Intinya, tendensi sosial terlihat lebih meningkat dan kekacauan justru menurun di antara pemain menjelang server ditutup. Meski ini terjadi di sebuah game, namun ilmuwan mengatakan adanya korelasi antara perilaku manusia di dalam game dan di dunia nyata. Korelasi tersebut sangat erat, bahkan game dikatakan bisa menggambarkan kondisi pemain di dunia nyata.

Lalu apakah manusia akan lebih tenang menjelang kiamat? Tentu saja tidak ada jawaban yang pasti, namun penelitian ini bisa jadi menggambarkan kondisi tersebut.


(MMI)

ASUS Zenfone Max Pro M1, Pas untuk yang Suka Main Game Bareng
Review Smartphone

ASUS Zenfone Max Pro M1, Pas untuk yang Suka Main Game Bareng

6 hours Ago

Menjual daya tahan baterai yang awet dengan kebutuhan mobile gaming adalah perpaduan yang pas.

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.