Far Cry 5

Far Cry 5: Senjata Saja Tak Cukup, Anda Butuh Pasukan

Cahyandaru Kuncorojati    •    Minggu, 22 Apr 2018 14:05 WIB
gamesFar Cry
Far Cry 5: Senjata Saja Tak Cukup, Anda Butuh Pasukan
Far Cry 5 menyediakan rekan untuk berperang bersama melawan pasukan sekte Project at Eden's Gate.

Jakarta: Apabila telah membaca penuturan kami tentang plot cerita Far Cry 5, maka Anda pasti setuju bahwa satu-satunyya cara membebaskan desa Hope County dari pengaruh sekte Project at Eden's Gate yang dipimpin oleh Joseph Seed dan saudaranya, adalah dengan senjata.

Meskipun begitu, jumlah tentara sipil milik sekte tersebut sangat banyak, sehingga yang Anda butuhkan bukan hanya senjata tapi juga pasukan yang tidak perlu banyak tapi memiliki keahlian dalam menggunakan senjata.

Sebagai game open-world, Far Cry 5 memiliki fitur yang menyediakan keseruan dalam setiap menjalakan misi yang ada, yakni fitur co-op multiplayer. Anda bisa mengajak teman untuk main bersama secara online menjalankan misi story mode.

Tidak perlu bingung apabila Anda tidak menemukan teman bermain bersama di Far Cry 5. Anda juga masih bisa menggunakan bot yang merupakan tokoh protagonis di dalam game sebagai rekan dan menciptakan pasukan untuk mengalahkan pasukan sekte pimpinan Joseph Seed.

Caranya Anda bisa menggunakan fitur Gun for Hire (GFH). Di wilayah Hope County tersebar beberapa tokoh protagonis utama yang menyediakan misi. Anda bisa menyelamatkan mereka dari pasukann sekte Project at Eden's Gate, dan setelah itu mereka bisa mendampingi Anda kemana saja sebagai pasukan.



Menariknya setiap karakter memiliki dua kemampuan yang akan membantu Anda menghabisi musuh, dan rekan Anda tidak hanya masarakat Hope County, tapi juga hewan. GFH memiliki dua kelas, yakni specialist dan figters, apa bedanya?



Specialist didapatkan dengan cara menyelamatkan mereka dalam sebuah misi story mode, sementara fighters adalah masyarakat setempat yang menolak bergabung dengan sekte pimpinan Joseph Seed, baik di kamp pemberontak atau diselamatkan dari tawanan pasukan Project at Eden's Gate.

Kedua jenis GFH memiliki jenis kemampuan yang berbeda, apabila kelas specialist langsung memiliki keahlian khusus saat Anda membebaskan mereka sementara fighters baru akan memiliki diketahui keahlian khususnya saat mereka telah menghabisi sejumlah musuh, mulai dari enam hingga 12 musuh.



Meskipun begitu, setiap karakter diwakili dengan jenis serangan yang berbeda-beda, ada yang mengandalkan serangan meele menggunakan senjata benda tumpul, ada yang menggunakan senjata api seperti senapan sniper mapun bazooka dan bahan peledak.

Keahlian senjata tersebut juga ada di kelas specialist tapi skill atau keahlian khusus mereka terbilang lebih menarik. Pada kelas specialist ada dua karakter yang memiliki jenis serangan udara menggunakan pesawat dan helicopter, senjata api dan peledak, atau menggunakan panah untuk serangan diam-diam.



Anda bisa mengkombinasikan jenis serangan pasukan, mau serangan terbuka yang mengundang lebih banyak pasukan musuh sehingga terjadi baku tembak yang riuh atau melakukan serangan diam-diam yang penuh strategi.

Bahkan specialist yang disediakan tidak hanya manusia tapi juga hewan seprti anjing bernama Boomer, beruang bernama Cheeseburger, dan macan hutan bernama Peaches.

Sayangnya, Anda hanya bisa membawa dua specialist atau fighter bersama, dan mereka bisa saja tumbang karena serangan musuh sehingga Anda harus segera membantu mereka bangun.



Apabila Anda gagal membangunkan, mereka baru bisa hadir lagi dalam kurun waktu beberapa menit sehingga Anda harus mengganti keduanya dengan specialist dan fighters yang lain.

Jadi Anda tetap harus mengkoordinasikan posisi maupun musuh yang akan mereka serang dan tidak boleh meninggalkan mereka di tengah baku tembak. Fitur GFH menyediakan opsi bagi pemain untuk meracik komposisi jenis serangan yang tidak hanya efektif untuk menghabisi musuh tapi juga membuat permainan Far Cry 5 lebih seru.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.