Crytek Ingin Ciptakan Mata Uang Digital dari Game

Cahyandaru Kuncorojati    •    Selasa, 02 Jan 2018 18:20 WIB
games
Crytek Ingin Ciptakan Mata Uang Digital dari Game
Warface adalah game buatan Crytek dengan konsep FPS (first person shooter) online dan free-to-play alias gratis.

Jakarta: Developer game Crytek menyebutkan pihaknya tertarik mengembangkan mata uang kripto setara Bitcoin maupun Etherum untuk mendukung ekosistem game, terutama game Warface buatan mereka.

Hal ini dilaporkan Polygon lewat wawancara dengan Co-founder Crytek Faruk Yerli. Perusahaannya sudah menunjuk Wachtang Budagaschwili sebagai CEO dari startup yang akan mengelola uang kripto buatan Crytek bernama Crycash.

Menariknya, uang kripto ini tidak harus diperoleh dengan cara membelinya lewat Crytek, melainkan pemain akan mendapatkannya secara cuma-cuma. Terli menjelaskan. Crycash akan diimplementasikan pada game free-to-play Warface.

"Jadi, pemain game Warface harus mencapai tahapan atau memperoleh prestasi tertentu di dalam game tersebut untuk mendapatkan Crycash. Crycash ini akan disimpan di dompet digital yang kami buat, nantinya bisa ditukar dengan mata uang kripto lainnya seperti Bitcoin atau Etherum," jelas Yerli.

Dengan cara ini, menurutnya, bisa mendorong ekosistem game free-to-play yakni membuat jumlah pemain aktif dari Warface bertambah banyak. Tanpa jumlah pemain yang banyak maka game dengan model free-to-play tidak akan populer.

Yerli juga memberikan jawaban atas langkahnya menciptakan mata uang kripto sendiri ketimbang menggunakan yang sudah ada. Dia memberikan contoh layanan Steam yang tidak lagi menerima mata uang kripto untuk transaksi di layanannya.

"Karena pasar dari mata uang kripto ini sangat rapuh. Kau tidak akan pernah bisa menebak nilai dan harga dari sebuah Bitcoin esok hari, bisa saja nilainya nol dan kemudian mahal lalu kembali terpuruk lagi," ujar Yerli.

Budagaschwili menuturkan dengan sistem mata uang kripto buatan Crytek, mereka bisa menyediakan kesempatan bagi siapapun mendapatkan uang dari bermain game layaknya esport

"Jumlah esport saat ini tidak sebanding dengan jumlah peserta yang ingin ikut serta. Dengan Crycash, mereka bisa menciptakan turnamen dengan hadiah Crycash yang mereka miliki."

Crycash rencananya akan mulai diuji coba pada tahun ini dengan tahap awal membagikan sejumlah Crycash ke setiap pemain untuk mulai digunakan. Crycash mulai aktif pada 15 Januari 2018, dan setiap pemain harus terlebih dahulu registrasi di situs Crycash.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.