Nintendo Switch

Nintendo Belum Minat Garap Penerus Switch

Cahyandaru Kuncorojati    •    Selasa, 06 Mar 2018 10:48 WIB
games
Nintendo Belum Minat Garap Penerus Switch
Nintendo Switch.

Jakarta: Memasuki usia satu tahun pertamanya, Nintendo mengaku belum memiliki rencana untuk menyiapkan Nintendo Switch generasi kedua. 

Dikutip dari GameSpot, pihak Nintendo sama sekali tidak punya rencana mulai menyusun konsep generasi selanjutnya dari Nintendo Switch, setidaknya sampai tahun 2019. Alasannya seperti yang bisa ditebak, Nintendo masih menikmati kesuksesan dari Switch.

Nintendo malah ingin menyediakan lebih banyak peripheral pendukung Switch serta fitur online, hal yang serupa seperti strategi publisher game yang memilih tidak terlalu rajin merilis game baru dan digantikan update yang berkala.

Misalnya lewat cardbox kreatif dan inovatif Nintendo Labo yang bisa terhubung dengan Switch serta fitur langganan berbayar, dengan beragam keuntungan yang baru akan digulirkan Nintendo.

Hal tersebut dinilai wajar karena dengan strategi tersebut, Nintendo bisa dengan mudah memperolehh margin pendapatan yang lebih besar ketimbang memproduksi dan menjual perangkat baru.

Selain itu, perlu diingat bahwa Nintendo Switch memiliki keunggulan dibandingkan platform game lain seperti PS4 dan Xbox One, yaitu konsep hibrida antara home console dan handheld.

Tentu saja perangkat mobile atau handheld console seperti Switch tidak membutuhkan update kemampuan hardware yang signifikan seperti PS4 dan Xbox One untuk memainkan game.

President Nintendo Tatsumi Kimishima malah pernah mengungkapkan dia berencana membuat Switch menjadi konsol game dengan lifecycle yang lama, hingga 5 atau 6 tahun.

Diketahui bahwa hingga saat ini Nintendo Switch telah terjual sebanyak 1,86 juta dan Nintendo menargetkan untuk menjual hingga 17 juta unit hingga akhir bulan Maret ini.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.