Quantum Break Akhirnya Rilis di Steam

Riandanu Madi Utomo    •    Jumat, 30 Sep 2016 15:08 WIB
games
Quantum Break Akhirnya Rilis di Steam
Quantum Break telah hadir di PC

Metrotvnews.com: Quantum Break akhirnya dirilis di Steam. Game yang sebelumnya eksklusif untuk Windows 10 dan hanya bisa didapatkan melalui Windows Store tersebut kini telah hadir di Steam seharga Rp270 ribu.

Kali ini, Quantum Break dapat dimainkan di PC dengan sistem operasi Windows 7 dan Windows 8.1. Artinya, game ini tidak lagi mengandalkan DirectX 12.

Berbeda dengan versi Windows Store, Quantum Break versi Steam justru mendapatkan tanggapan positif dari gamer. Hingga artikel ini dirilis, telah ada 133 ulasan dari pemain Quantum Break dan 86 persen di antaranya memberikan tanggapan yang positif.

Janji Remedy sepertinya juga telah dipenuhi kali ini. Beberapa gamer mengatakan Quantum Break versi Steam tampil dengan performa yang sangat baik dan stabil.

Meski demikian, kehadiran game ini di Steam masih dianggap oleh sebagian pihak sebagai anomali. Menurut Engadget, Quantum Break merupakan game teraneh dalam hal perilisannya. Game ini awalnya hanya dikenalkan sebagai game eksklusif Xbox One, lalu melebar ke PC Windows 10, dan akhirnya dirilis di Steam. 

Kehadiran Quantum Break di Steam juga menimbulkan pertanyaan, apakah game eksklusif Microsoft nantinya juga akan dirilis di Steam?

Menurut pernyataan Head of Xbox, Phil Spencer, Valve dan Steam merupakan "bagian penting" dari kesuksesan gaming Windows. Pada bulan Juni kemarin, Spencer bahkan mengatakan pihaknya akan merilis game di Steam.

Namun manuver Microsofot pada Quantum Break cukup membingungkan. Pasalnya, Quantum Break sudah tidak lagi menjadi game eksklusif Microsoft karena sudah masuk ke Steam yang merupakan platform distributor pihak ketiga.

Tidak hanya itu, dirilisnya Quantum Break di Steam juga dinilai berseberangan dengan ambisi Microsoft yang ingin menjadikan Xbox One dan Windows 10 sebagai platform gaming utama.

Meski demikian, hadirnya Quantum Break di PC memberikan harapan baru bagi game-game eksklusif Microsoft, seperti HALO 5, untuk dirilis di Steam.




(MMI)

Nokia 2, Smartphone Paling Terjangkau dari HMD
Review Smartphone

Nokia 2, Smartphone Paling Terjangkau dari HMD

1 week Ago

Nokia 2 merupakan smartphone kelas pemula dari HMD. Ini ulasan tentang kelebihan dan kelemahann…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.