Nintendo Switch Balap Penjualan PS4

Cahyandaru Kuncorojati    •    Sabtu, 16 Sep 2017 16:17 WIB
gamegamesnintendo
Nintendo Switch Balap Penjualan PS4
Nintendo Switch sebagai konsol terbaru Nintendo berhasil menyelematkan perusahaan tersebut.

Metrotvnews.com: Nintendo sedang beruntung. Produsen konsol game asal Jepang tersebut dikabarkan berhasil menyalip penjualan konsol PlayStation 4 pabrikan Sony untuk pasar konsol di Amerika Serikat selama bulan Agustus.

Dikutip dari Forbes, firma riset NPD Group merilis laporan terkait penjualan perangkat gaming di Amerika Serikat untuk bulan Agustus 2017. Nintendo Switch memiliki angka penjualan yang menyalip PlayStation 4, meskipun tidak disebutkan pasti berapa angkanya.

Angka belanja konsumen untuk konsol gaming di Amerika Serikat pada bulan Agustus mengalami penurunan 6 persen menjadi USD168 juta. Pihak NPD menyebutkan, Nintendo Switch bisa saja menjuarai pasar penjualan konsol gaming selama 6 bulan terkahir berturut-turut semenjak dirilis pada bulan Maret lalu.

Sayangnya, Nintendo sempat mengalami kendala dalam ketersediaan perangkat. Tingginya permintaan pasar terhadap konsol gaming Nintendo terbaru tersebut tidak sebanding dengan jumlah yang tersedia. Alhasil, ketika stok Nintendo Switch sedang sepi, konsumen beralih ke PlayStation 4 yang membuat konsol buatan Sony itu berhasil menjadi pempimpin pasar selama dua bulan.

Untungnya, penjualan PlayStation 4 ini masih tidak bisa Nintendo Switch. Dari data yang dibagikan, tercatat Nintendo Switch terhitung sejak rilis di bulan Maret hingga akhir Juni berhasil terjual 4,7 juta unit di seluruh dunia. Sementara PlayStation 4 sejak April hingga akhir Juni hanya berhasil menjual 3,3 juta unit. 

Banyak pihak sangat menyayangkan Nintendo yang kurang siap menyediakan stok konsol yang dijual. Namun, popularitas Nintendo dinilai berhasil bertahan karena dalam waktu yang berdekatan, Nintendo juga merilis konsol NES Classic dan SNES Classic yang berisi game-game terdahulu, sehingga menjadi daya tarik konsumen. 

Pihak Nintendo sendiri menargetkan penjualan Nintendo Switch di 2017 sebanyak 10 juta unit di seluruh dunia. Berbagai pihak memprediksi, seandainya masalah kekurangan stok itu tidak terjadi, maka target penjualan tersebut bisa meningkat sampai 18 juta unit.



(MMI)