Rome: Total War Sambangi Android

Cahyandaru Kuncorojati    •    Kamis, 13 Dec 2018 10:02 WIB
games
Rome: Total War Sambangi Android
Rome: Total War.

Jakarta: Salah satu game berbasis RTS (Real Time Strategy) ternama di PC yaitu Rome: Total War garapan Feral Interactive dan Creative Assembly yang dirilis oleh SEGA di tahun 2004 akan menyambangi smartphone Android.

Meskipun harus diakui sangat terlambat dibandingkan versi iOS, Managing Director Feral Interactive, David Stephen mengaku bahwa proses yang cukup panjang dibutuhkan untuk menyajikan gameplay terbaik dari versi PC ke mobile, khususnya di Android.

Rome: Total War adalah game RTS yang memberikan Anda kesempatan untuk menggerakkan pasukan dalam jumlah ratusan bahkan ribuan secara simultan untuk melancarkan serangan ke musuh yang mengambil latar cerita di masa kejayaan pasukan Romawi.

Melihat kontrol jumlah pasukan yang sangat fantastis dibandingkan game genre RTS lainnya, tidak mengherankan apabila sejauh ini daftar smartphone yang bisa memainkannya tergolong menengah ke atas.

Dari Android Authority, disebutkan jajaran smartphone seperti Google Pixel, Huawei Mate 20, LG V30+, Razer Phone dan mulai dari Samsung Galaxy S7 hingga versi terkini serta smartphone lain yang bisa memainkan game ini.

Smartphone yang masih berjalan di Android 7.0 Nougat, RAM 3GB, dan menggunakan Qualcomm Snapdragon 810, Kirin 950, Exynos 8890, dan MediaTek Helio P20 disebut tidak memenuhi prasyarat performa dan grafis yang mendukung game ini.

Dari informasi tersebut diduga kuat bahwa porting game Rome: Total War dari PC ke Android memang tidak memangkas gameplay yang disajikan. Pemain diberikan kontrol terhadap ribuan karakter di dalam game secara simultan sehingga dibutuhkan juga layar smartphone dengan ukuran yang cukup lebar.

Selain tidak kompatibel untuk banyak smartphone Android, bahwa game ini juga hadir di Google Play Store sebagai game premium. Pihak Feral Interactive tidak menyebutkan harganya, tetapi di versi iOS, game tersebut dibanderol USD10 atau senilai Rp145 ribu.

Rom: Total War versi Android disebut akan tersedia untuk Eropa, Amerika, dan sebagian Asia. Versi iOS dan iPad game ini sendiri sudah dirilis lebih dulu sejak tahun 2016.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.