Take-Two Interactive: Loot Box Bukan Judi

Riandanu Madi Utomo    •    Jumat, 01 Dec 2017 18:55 WIB
industri game
Take-Two Interactive: Loot Box Bukan Judi
Publisher GTA V nyatakan loot box bukan kegiatan judi

Jakarta: Kontroversi loot box semkain memanas, bahkan belakangan telah memengaruhi bisnis EA yang sahamnya dikatakan turun secara drastis sejak Star Wars Battlefront 2.

Banyak pihak yang mengatakan sistem loot box masuk ke dalam ranah perjudian, termasuk pemerintah Belgia dan beberapa negara di eropa lainnya.

Meski demikian, ada beberapa pihak yang juga mengatakan loot box bukanlah bentuk perjudian. Salah satunya adalah Take-Two Interactive yang merupakan publisher untuk seri game Grand Theft Auto.

"Kami tidak melihatnya sebagai bagian dari perjudian," ujar Presiden Take-Two Interactive Karl Slatoff dikutip dari PC GAMER. "Konsumen hanya menginginkan yang terbaik bagi mereka. Selama publisher menghadirkan konten dengan tepat, saya rasa kejadian seperti ini (kasus Battlefront 2) tidak akan terjadi."

Meski demikian, pernyataan Slatoff lebih terlihat seperti pendapat dan sama sekali tidak memiliki landasan hukum.

Selain itu, wajar Take-Two Interactive juga mengambil posisi yang mendukung kehadiran loot box, sebab mereka juga merupakan salah satu publisher yang gencar menghadirkan sistem microtransaction

Sementara itu, berbagai pihak termasuk pemerintah dari berbagai negara mendesak para publisher dan developer untuk menentukan standar sistem microtransaction. Tujuannya adalah agar tidak ada lagi kejadian yang merugikan gamer maupun publisher dan developer.


(MMI)

Advan G3, Bodi Keren Speaker Mumpuni
Review Smartphone

Advan G3, Bodi Keren Speaker Mumpuni

1 week Ago

Advan adalah produsen smartphone¬†lokal yang bisa dibilang pejuang sejati.¬†

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.