Final Fantasy XV

Square Enix: Final Fantasy XV Versi PC Lebih Gampang

Riandanu Madi Utomo    •    Kamis, 12 Oct 2017 14:20 WIB
gamesfinal fantasy xv
Square Enix: Final Fantasy XV Versi PC Lebih Gampang
Final Fantasy XV versi PC akan dirilis tahun depan

Metrotvnews.com: Versi PC Final Fantasy XV sudah diumumkan dan bakal tampil tahun depan. Tidak hanya itu, Square Enix bahkan mengatakan Final Fantasy XV versi PC akan tampil berbeda dengan versi konsolnya.

Selain hadir bersama semua DLC yang telah dirilis, game ini juga akan memiliki grafis yang lebih baik, mode first-person, dan dukungan resolusi 8K. 

Namun, apakah Square Enix tidak kesulitan dengan penambahan fitur tersebut? Justru sebaliknya, mereka merasa pengembangan game di PC jauh lebih mudah.

Menurut PC GAMER, hal tersebut disampaikan langsung oleh Game Director Final Fantasy XV, Hajime Tabata. Dalam penyataannya, Tabata bahkan mengatakan pengembangan Final Fantasy XV di konsol 100 kali lebih sulit dari versi PC.

"Versi konsol membutuhkan rekonstruksi sejak awal, baik dari sisi engine dan game-nya sendiri. Proses tersebut membuat pengembangannya 100 kali lebih sulit dari versi PC," ujar Tabata.

Tabata juga mengatakan pihaknya akan memastikan Final Fantasy XV bisa dimainkan di PC dengan spesifikasi kelas pemula. Ia memang menginginkan gamenya tersebut dimainkan oleh berbagai kalangan gamer PC.

"Agar bisa dimainkan oleh banyak gamer PC, kami harus menghadirkan optimalisasi yang baik sehingga game ini bisa dimainkan di PC kelas pemula. Saat ini Final Fantasy XV masih hanya bisa dimainkan di PC kelas atas, dan kami sedang mengerjakan optimalisasinya," lanjut Tabata.

Secara keseluruhan, Tabata memang tampak antusias mengembangkan game ini di PC yang juga akan mendukung fitur Steam Workshop. Menurutnya, game yang dirilis ulang di PC memang harus dirilis dengan kualitas yang lebih baik agar bisa menarik perhatian gamer.

"Para gamer PC akan sangat berharap game ini bakal tampil lebih baik, bahkan telah berevolusi dari versi konsolnya. Kami tidak akan menghadirkan Final Fantasy XV untuk PC sejak awal jika tidak memiliki komitmen untuk menghadirkan harapan tersebut," tegas Tabata.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.