E3 2018

Xbox Siapkan Perangkat Khusus Disabilitas?

Cahyandaru Kuncorojati    •    Selasa, 15 May 2018 18:38 WIB
microsoftE3 2018
Xbox Siapkan Perangkat Khusus Disabilitas?
Kontroler Xbox untuk penyandang disabilitas.

Jakarta: Game menjadi sebuah hiburan yang diminati, termasuk oleh kalangan disabilitas. Meskipun mereka kesulitan memainkan game, tapi konten yang disajikan sebetulnya selalu menyenangkan.

Permasalahannya beberapa kalangan disabilitas kesulitan menggunakan controller untuk memainkan game karena desainnya tidak dibuat khusus sesuai kebutuhan mereka.

Kabar baiknya perusahaan konsol game Microsoft yakni Xbox dikabarkan oleh Engadget telah menyiapkan controller khusus.

Meskipun masih sebatas rumor, akun Twitter bernama hOxOd yang dikenal sebagai leakster menguggah foto berupa perangkat dengan logo Xbox di salah satu sisinya. Unggahan ini kemudian oleh beberapa pihak dikaitkan dengan kabar sebelumnya bahwa Xbox berencana menyediakan kontroler khusu gamer penyandang difabel.

Tanpa deskripsi jelas terkait ukurannya, Engadget menjelaskan bahwa controller ini memiliki ukuran lebih besar dari biasanya. Ada dua tombol berukuran besar yang memudahkan gamer difabel untuk memainkan game tanpa harus menekan tombol kecil secara presisi.

Pada deretan atasnya diperkirakan tombol sentuh yang berfungsi mengakses menu fitur-fitur yang ada di Xbox. Fitur ini disediakan untuk memudahkan penggunanya mengakses beragam fitur di Xbox tanpa harus kesulitan melakukan navigasi lebih dalam.

Kemudian pada bagian sisinya terdapat lubang port USB yang kemungkinan digunakan untuk mencolokan flash disk berisi konfigurasi tombol yang berisi kustomisasi fungsi setiap tombol di kontroler tersebut. Penggunanya tidak perlu repot melakukan konfigurasi setiap kali memainkan game yang berbeda.

Sejauh ini, belum ada tanggal pasti perangkat ini akan dirilis dan konfirmasi dari Xbox, tapi kemungkinan besar Xbox akan mengumumkannya dalam ajang E3 2018.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.