Sony Patenkan Desain Layar Sentuh di Controller

Cahyandaru Kuncorojati    •    Senin, 12 Nov 2018 14:18 WIB
gamessonyplaystation
Sony Patenkan Desain Layar Sentuh di Controller
Konsol Nintendo DS menjadi perangkat gaming yang lebih dulu menghadirkan teknologi layar sentuh.

Jakarta: Dugaan mengenai kehadiran Sony PlayStation 5 terus berhembus lewat berbagai macam rumor. Kali ini muncul kabar dari Sony berkaitan desain controller terbaru.

Screen Rant baru ini menemukan Sony Interactive Entertainment America baru saja mendaftarkan paten yang diduga controller PlayStation 5. Dilaporkan bahwa stick controller tersebut memiliki teknologi layar sentuh.

Informasi ini didapatkan dari dokumen pendaftaran hak paten Sony yang dalam deskripsinya menyebutkan controller tersebut akan memliki bagian permukaan di atasnya yang mendukung layar sentuh.

Tidak ada informasi yang menggambarkan rancangan paten layar sentuh pada desain yang didaftarkan Sony. Jadi, belum ada gambaran jelas mengenai desain controller terbaru Sony ini, apakah akan memiliki desain seperti DualShock atau tidak.

Namun, deskripsi paten yang tercantum di dokumen menyebutkan, ukuran layar sentuh tersebut tidak lebar. Apabila membayangkan desain controller dengan layar sentuh bisa mengambil contoh controller dari Nintendo DS.

Nintendo DS memiliki sebuah layar sentuh di antara controller yang juga hadir dengan sebuah stylus. Sementara pada controller PlayStation DualShock 4 terdapat trackpad sehingga kemungkinan fungsi trackpad bakal tergantikan layar sentuh.

Apabila paten tersebut diwujudkan ke controller PlayStation generasi terbaru nanti, kemungkinan hal ini dilakukan Sony untuk menambah fitur ke konsol mereka mengingat tren game mobile saat ini ikut mempopulerkan penggunaan layar sentuh.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.