Review Game

Point Blank: Strike, Begini Rasanya Main FPS di Smartphone

Cahyandaru Kuncorojati    •    Senin, 13 Nov 2017 19:11 WIB
games
Point Blank: Strike, Begini Rasanya Main FPS di Smartphone
Point Blank: Strike merupakan bentuk mobile dari game FPS yang populer di platform PC.

Metrotvnews.com, Jakarta: Point Blank adalah salah satu game MOFPS yang cukup dikenal gamer Indonesia. Kini game masuk ke ranah mobile dengan nama Point Blank: Strike.

Kita mungkin membayangkan, bagaimana memainkan game FPS yang menuntut gerakan gesit dan mengarahkan tembakan seakurat mungkin lewat kontrol smartphone?

Sebagai seseorang yang pernah merasakan serunya game ini di PC, tentu saja saya penasaran dengan pengalaman bermain FPS di perangkat smartphone. Berikut ulasan Point Blank: Strike dari Metrotvnews.com.

Pada bagian awal game, terlihat jelas bahwa Point Blank: Strike masih membawa karakter permainan yang tidak berbeda dengan versi PC. Ditampilkan dua grup dengan masing-masing terdiri dari 4 karakter, yakni grup Counter Terrorist dan Terrorist. Selesai proses loading saya dialihkan ke halaman menu permainan.



Ada beberapa menu yang disajikan, mulai dari karakter permainan, senjata, clan, single mission, gear atau senjata, dan store. Boleh dibilang antarmuka dari game ini cukup sederhana namun rapi dengan desain yang enak dilihat.

Pada menu karakter Anda bisa memilih tampilan karakter yang akan diperguankan selama permainan.

Perlu diketahui karakter Anda memiliki level yang bisa meningkat dan berpengaruh kepada kemampuannya tanpa menggunakan experience point. Pemain mesti meningkatkannya dengan gold yang diperoleh dari setiap pertandingan.



Berbeda dengan experience point, point tersebut digunakan untuk menaikkan level atau pangkat dari akun kita sehingga menjadi perbandingan di antara pemain Point Blank: Strike lainnya.  Untuk grafis karakternya boleh dibilang berhasil mengadopsi grafis karakter dari versi PC.

Sistem tersebut juga berlaku pada menu gear atau senjata. Setiap ada senjata dengan jenis yang sama, maka bisa disatukan untuk meningkatkan kemampuan salah satunya. Bagi saya hal ini agak merugikan pemain game ini.

Mengapa? Jenis senjata yang sama akan memiliki kemampuan atau damage yang berbeda. Artinya, pemain yang memiliki banyak uang atau rela membeli senjata lewat store atau toko dan meningkatnya semaksimal mungkin dengan gold atau diamond yang dia beli.



Selain itu, game ini juga masih memberlakukan model item mall, misalnya saja untuk granat yang dipakai. Pemain hanya bisa menggunakan granat untuk jangka waktu tertentu, yakni 12 jam setelah membeli granat di store. Bayangkan bermain FPS tanpa granat, rasanya pasti kurang seru.

Untuk memilih gameplay atau pertandingan yang disediakan, pemain bisa menekan tombol Start yang ada di bagian menu tadi. Nanti pemain disuguhkan beberapa jenis pertandingan seperti, team deathmatch, AI match atau melawan bot, clan match, demolition, dan chicken phobia.



Hal yang berbeda dari Point Blank: Strike dengan versi PC adalah pertandingan chicken phobia. Jenis pertandingan ini menampilkan tim pemain dalam karakter manusia bertarung melawan tim yang berupa ayam. 

Pada halaman ini juga tersedia fitur untuk melihat room pertandingan yang sedang berlangsung atau masih belum memenuhi jumlah pemain yakni 4 vs 4. Kita juga bisa menciptakan room sendiri. Sebuah fitur umum pada game FPS. Ketika permainan dimulai maka pengalaman bermain FPS di smartphone mulai disuguhkan.

Rasanya cukup aneh bermain FPS di smartphone dengan model kontrol ala game MOBA. Di awal permainan saya cukup sulit untuk mengarahkan titik arah tembakan meskipun kualitas grafis permainan tidak buruk, sama seperti kualitas grafis game versi PC.



Di bagian 'setting' akhirnya saya menemukan menu pengaturan kontrol, tersedia beberapa jenis pengaturan manual serta otomatis yang memberikan konfigurasi pada sensitivitas pergerakan pemain. Pastikan bahwa Anda sudah cukup nyaman dan mampu mengarah tembakan dengan cukup presisi.

Untuk mode tembakan yang disediakan ada dua pilihan, manual dan otomatis. Di mode manual, ketika Anda sudah mengarahkan arah target tembakan ke musuh, jemari Anda harus cepat berganti ke tombol tembak. Jujur ini adalah mode yang sangat sulit, meskipun jumlah peluru yang dimuntahkan senjata bisa lebih terkendali.



Berbeda dengan pilihan otomatis, ketika arah target tembakan sudah pas di arah musuh maka dengan sendirinya senjata akan menembakkan pelurunya. Sayangnya, tidak peduli jauh atau dekat peluru akan terus dimuntahkan, jadi Anda tidak bisa menghemat peluru. 

Mode otomatis juga tidak efektif digunakan pada senjata yang menggunakan scope atau kekeran seperti senjata sniper. Senjata akan dengan otomatis melakukan zooming ketika sudah diarahkan ke musuh dan dengan otomatis memuntahkan peluru. Jangan harapkan duel menggunakan pisau dengan otomatis akan seru seperti biasanya.




Kesimpulan 
Entah memang game FPS tidak cocok untuk dimainkan pada perangkat smartphone atau pihak developer, Nexon dan Zepetto, yang kurang melakukan modifikasi pada permainan. Jujur saja Point Blank: Strike masih kurang mampu menghadirkan keseruan game FPS.

Padahal sebetulnya, saya sudah cukup menggebu-gebu merasakan kembali permainan Point Blank versi PC-nya. Untuk kualitas grafis saya sudah sangat puas. Namun kembali lagi, gameplay menjadi fokus utama, dan permasalahannya terletak pada kontrol permainan. Selain itu, mode peningkatkan kemampuan senjata tampaknya juga membuat permainan tidak akan berjalan seimbang.


Platform: Android, iOS
Developer: Nexon Company dan Zepetto
Publisher: Nexon Company dan Zepetto
Tanggal Rilis: 30 Oktober 2017
Jenis: FPS (First Person Shooter)

                           

Point Blank Strike

 

7,5


+ Kualitas grafis setara versi PC
+ Fitur clan dalam game FPS
+ Spesifikasi smartphone cukup ringan

- Minim improvisasi dari versi PC
- Kontrol permainan yang sangat sulit
- Fitur meingkatkan level senjata yang membuat duel kurang adil

Bagaimana Kami Menguji.


(MMI)

Vivo V7+, Layar Luas Manjakan Pecinta Selfie
Review Smartphone

Vivo V7+, Layar Luas Manjakan Pecinta Selfie

11 hours Ago

Vivo V7 Plus kembali mengunggulkan kemampuan kamera depan, yang diklaim mampu memanjakan penggu…

BERITA LAINNYA
Video /