Nintendo Switch

Dari Dead Pixel Sampai Tersangkut, Ini Beberapa Masalah Nintendo Switch

Riandanu Madi Utomo    •    Rabu, 08 Mar 2017 17:13 WIB
nintendo switch
Dari Dead Pixel Sampai Tersangkut, Ini Beberapa Masalah Nintendo Switch
Nintendo Switch punya beberapa masalah

Metrotvnews.com: Beberapa pengguna Nintendo Switch melaporkan adanya masalah di konsol tersebut. Masalah tidak hanya dari segi hardware maupun software, tetapi juga dari sisi desain.

Beberapa pengguna Switch baru-baru ini mengatakan controller Joy-Con ternyata dapat tersangkut jika dipasang terbalik. Masalahnya adalah tidak ada sistem khusus dari Nintendo yang mencegah penggunanya agar memasang controller Joy-Con dengan posisi yang benar.

Satu-satunya petunjuk hanyalah ikon khusus berupa tanda plus dan minus yang dijadikan acuan sebelum memasang controller Joy-Con.



Masalah ini memang cukup mengkhawatirkan, karena Switch sendiri didesain agar bisa dimainkan oleh anak-anak. Untungnya, beberapa pengguna Switch telah menemukan berbagai cara mudah untuk mengembalikan controller Joy-Con yang tersangkut. Tips mereka bisa dilihat melalui YouTube.

Masalah umum lain yang terdapat di Switch adalah layar yang mudah tergores. Lucunya, kebanyakan pengguna melaporkan tergoresnya layar disebabkan ketika Switch dipasang di docking-nya. Switch memang memiliki sebuah docking khusus agar bisa terhubung ke TV. Docking tersebut tampaknya tidak didesain dengan baik sehingga bisa membuat layar Switch mudah tergores.



Selain mudah tergores, beberapa konsol Switch juga dilaporkan memiliki cacat pada layar. Di YouTube, beberapa pengguna memperlihatkan konsol Switch yang layarnya memiliki dead pixel. Bahkan ada konsol Switch yang layarnya bisa menimbulkan artefak ketika memainkan game. Sayangnya, di situs resminya Nintendo mengatakan dead pixel yang ada di Switch tidak masuk ke dalam kategori produk cacat.

Masalah lain juga terdapat di sisi software. Beberapa pengguna melaporkan game yang telah dibelinya tidak bisa dibaca. Selain itu ada pula pengguna yang mengalami system freeze ketika bermain game, bahkan salah satu pengguna memperlihatkan konsol Switch-nya tidak bisa dijalankan sama sekali dan hanya berhenti di menu awalnya saja.

Jika Anda penasaran dengan berbagai masalah di Switch, Anda bisa melihat kompilasi video berikut ini yang dipublikasikan oleh YouTuber bernama CrowbCat:




(MMI)