Laris Manis, Spider-Man Terbaru Kalahkan God of War

Cahyandaru Kuncorojati    •    Minggu, 23 Sep 2018 12:13 WIB
gamessonyplaystation
Laris Manis, Spider-Man Terbaru Kalahkan God of War
Spider-Man di game terbaru. (Sony)

Jakarta: Game Spider-Man terbaru atau yang dikenal dengan judul Marvel's Spiderman garapan studio Insomniac Games yang dirilis tanggal 7 September kemarin disebut sukses besar.

Game ini mendapat banyak pujian positif. Dikutip dari USA Today, game tersebut memecahkan rekor penjualan tiga hari setelah dirilis yang sebelumnya dianggap prestasi God of War tahun ini.

Dilaporkan bahwa game Spider-Man tersebut berhasil terjual sebanyak 3,43 juta kopi, mengalahkan seri God of War yang juga dirilis Sony awal tahun ini yang terjual sebanyak 3,1 juta kopi dan mendapatkan skor sempurna di ulasan Medcom.id.

Penjualan pada masa pre-order juga tidak kalah menakjubkan. Spider-Man berhasil terjual sekitar 1 juta kopi. Angka tersebut belum termasuk penjualan yang dipaket perangkat PS4 edisi khusus.

Keuntungan dari angka penjualan game Spider-Man ini disebut sekitar USD198 juta (Rp2,9 triliun) mengalahkan keuntungan dari pembukaan minggu pertama film Spider-Man: Home Coming yang hanya USD117 juta (Rp1,7 triliun).

Pihak Sony mengklaim bahwa keberhasilan ini tidak terlepas dari studio Insomniac Games yang berhasil menyajikan gameplay seperti penggemar Spider-Man inginkan. Kesuksesan ini berbeda jauh dengan game sebelumnya di 2014.

Game Amazing Spider-Man 2 yang juga terkikat dengan judul film yang sama disebut mendapatkan penilaian buruk di kalangan gamer. Pihak Sony sendiri sebelumnya sudah mengumumkan ada dua paket DLC yang siap dirilis untuk game tersebut.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.