Gameloft Akuisisi Pengembang SongPop

Cahyandaru Kuncorojati    •    Jumat, 21 Dec 2018 18:37 WIB
gamesgameloft indonesia
Gameloft Akuisisi Pengembang SongPop
Ilustrasi.

Jakarta: Gameloft menunjukkan langkahnya memperkuat posisinya sebagai pengembang game mobile tersukses.

Gameloft baru saja mengabarkan bahwa mereka baru mengakuisisi FreshPlanet, pengemmbang game SongPop yang pernah menjadi salah satu ponsel terbaik di dunia.

FreshPlanet sendiri didirikan pada tahun 2009 di New York, Amerika Serikat dan dengan cpeat menjadi populer berkat game SongPop dan SongPop 2. Game tersebut mengusung genre trivia terkait musik dan menjadi game terbesar hingga meraih penghargaan game online terbaik dari BAFTA.

Pemain bisa saling mengirimkan pertanyaan terkait musik dan saling menebak serta bersaing mendapatkan skor tertinggi. SongPop juga diklaim diunduh lebih dari 100 juta kali dan berkontribusi terhadap penjualaan jutaan karya musik setiap musisi yang karyanya tersedia di game tersebut.

"FreshPlanet adalah pemimpin kategori yang tak tertandingi dalam hal-hal sepele musik. Game seluler mereka mengumpulkan khalayak yang besar dan terlibat dan dikembangkan dengan tingkat keterampilan dan semangat yang menjadi landasan kami," ungkap Chairman & CEO Gameloft Stephane Roussel.

Meskipun diakuisisi oleh Gameloft, studio FreshPlanet akan tetap dipimpin oleh CEO FreshPlanet Mathieu Nozareth dan berbasis di New York. Mereka akan menerima dukungan komersial, penerbitan dan pemasaran dari Gameloft.

"Kami bangga untuk bergabung dengan Gameloft, pemimpin global dalam game mobile dengan banyak judul hit. Pengalaman kami dalam mengembangkan game trivia yang sangat memikat dan monetisasi, dan jejak global Gameloft, keahlian dan audiens yang sangat besar adalah pasangan yang tepat untuk memimpin kategori trivia budaya pop mobile," tutur Nouzareth.

Dikutip dar VentureBeat, studio FreshPlanet hanya memiliki pegawai 15 orang, yang awalnya hanya tiga orang saja. Game mereka menjadi populer setelah Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg membagikan pengalamannya memainkan SongPop di internet.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.