Gamer Steam Bisa Main Pakai DualShock 4

Riandanu Madi Utomo    •    Kamis, 13 Oct 2016 22:50 WIB
games
Gamer Steam Bisa Main Pakai DualShock 4
Valve akan buat sistem untuk dukung controller pihak ketiga

Metrotvnews.com: Valve mengumumkan bahwa pihaknya akan menghadirkan sistem controller baru yang memungkinkan pengguna melakukan konfigurasi penuh terhadap berbagai macam controller yang ada di pasar saat ini.

Menariknya, pihak Valve juga mengatakan sistem tersebut akan membuat Steam dan game di dalamnya untuk mendukung controller DualShock 4 atau controller resmi PlayStation 4.

Menurut PC GAMER, sistem controller baru di Steam tersebut diumumkan langsung oleh Jeff Bellinghausen dar Valve dan Lars Doucet dari Level Up Labs dalam acara Steam Dev Days 2016.

Melalui sistem baru ini, Valve dan Level Up Labs akan menyediakan API khusus yang dapat membaca seluruh fitur di controller DualShock 4.

"Cara kerjanya akan mirip seperti Steam Controller. Anda hanya akan perlu menyocokkan kontrol di game dengan API yang telah kami sediakan dan sistem di Steam akan mengurus semuanya," ujar Bellinghausen dan Doucet di depan para developer game yang diundang oleh Valve.

"Untuk permulaan, kami akan memberikan dukungan terhadap controller DualShock 4."

Bellinghausen dan Doucet juga sempat memuji DualShock 4. Menurut mereka, controller PlayStation 4 memiliki desain yang sangat ergonomis dan telah memiliki banyak fitur yang menunjang kebutuhan gaming. Sayangnya, dukungan tersebut di PC masih sangat minim untuk saat ini.

Bellinghausen dan Doucet mengatakan dukungan terhadap DualShock 4 masih merupakan langkah awal. Kedepannya akan ada controller lain yang bisa didukung melalui sistem baru di Steam ini.


(ADM)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.