EA: Kami Prioritaskan Buat Game PC

Riandanu Madi Utomo    •    Jumat, 18 Nov 2016 16:52 WIB
gamesindustri game
EA: Kami Prioritaskan Buat Game PC
Game besutan EA diklaim diprioritaskan untuk PC

Metrotvnews.com: Pengembangan game di PC memang seringkali "dianaktirikan". Developer game biasanya lebih memprioritaskan game untuk konsol lalu merilis ulang game tersebut di PC dengan sedikit penyesuaian. Proses yang dinamakan porting tersebut juga tidak selalu berhasil. 

Batman Arkham Knight adalah salah satu contoh nyata. Saat perilisannya, game tersebut berjalan sangat baik di konsol tapi memiliki masalah besar di PC. Hal tersebut dikarenakan hasil porting yang buruk, yang membuat game tersebut berjalan tidak normal.

Namun, teknik porting tersebut tidak lagi digunakan oleh EA saat ini. Pada acara UBS Global Technology Conference, CFO EA, Blake Jorgensen, mengatakan pihaknya justru menggunakan metode yang berkebalikan. Menurut PC GAMER, Jorgensen mengaku selama ini EA selalu memprioritaskan pengembangan game di PC terlebih dulu, baru kemudian kualitas grafisnya disesuaikan agar bisa dihadirkan di konsol.

"Kami membuat game untuk spesifikasi tertinggi, yaitu di PC. Setelah itu, kualitasnya disesuaikan untuk kemudian dirilis di konsol," ujar Jorgensen.

Metode pengembangan game yang berkebalikan tersebut memang telah membuat game-game besutan EA hampir tidak bermasalah di PC. Namun, efek sampingnya adalah spesifikasi minimum PC yang dibutuhkan menjadi lebih tinggi dari game lainnya. Contoh nyatanya adalah Battlefield 1 yang memiliki spesifikasi minimum cukup tinggi untuk PC.

Ini merupakan kabar baik bagi para game PC yang sering menjadi korban dari game hasil porting yang buruk. Tentu saja banyak gamer PC yang berharap developer dan publisher game lain untuk mengikuti jejak langkah EA.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.