Gerakan Amal Para Gamer Berupa Game untuk Disabilitas

Cahyandaru Kuncorojati    •    Rabu, 27 Sep 2017 23:08 WIB
teknologi
Gerakan Amal Para Gamer Berupa Game untuk Disabilitas
One Gamer Fund adalah donasi yang diprakarsa oleh para gamer

Metrotvnews.com: Game adalah salah satu hiburan, dan game tidak selalu identik dengan menghabiskan waktu. Bermain game juga bisa menjadi sebuah bentuk gerakan amal.

Dikutip dari Geek, beberapa waktu lalu beberapa studio pengembang game yang tergabung dalam Intenational Game Developer Association menemukan ide, mereka bisa mengembangkan layanan mereka menjadi sebuah cara untuk membuat gerakan non-profit berbentuk gerakan amal bagi penyandang disabilitas untuk bisa ikut bermain game.

"Ketika kita bisa menikmati sebuah game, ada teman-teman di luar sana yang banyak seumuran dengan kita tidak bisa bermain game seperti kita karena kondisi mereka. Begitu juga dengan kita yang mampu membeli kaset game beserta konsolnya dengan harga yang tidak murah, mengapa kita tidakbisa menyisihkan sedikit saja untuk membantu orang lain?" jelas Seven Siegel, pendiri dari gerakan yang bernama One Gamer Fund.

One Gamer Fund yang di dalamnya ada beberapa studio pengembang game akan merilis game-game mereka di layanan game online dengan harga murah, dan setiap pembelian game tersebut akan disisakan untuk kegiatan donasi. One Gamer Fund juga menyediakan koleksi merchandise yang bisa dibeli gamer.

Donasi yang diberikan berupa mainan atau konsol game kepada para penyandang disabilitas atau kondisi kesehatan tertentu yang sebagian besar adalah anak-anak dan remaja. Banyak pihak mengapresiasi langkah ini karena memberikan pandangan positif terhadap komunitas gamer yang selama ini seakan sibuk dengan dunianya sendiri.

"Menurut saya, gamer punya komunitas yang cukup mudah tergerak untuk membantu semuanya. Seorang gamer sangat senang ketika bisa melihat orang lain juga bisa ceria karena bermain. Saya merasakan sekali industri game telah berhasil melakukan sesuatu yang benar-benar mulia," jelas Siegel.


(MMI)

Video /