GTA V, Game Paling Laris Sepanjang Sejarah di AS

Riandanu Madi Utomo    •    Rabu, 08 Nov 2017 21:17 WIB
games
GTA V, Game Paling Laris Sepanjang Sejarah di AS
Grand Theft Auto V sudah terjual lebih dari 85 juta kopi

Metrotvnews.com: Publisher Take-Two Interactive merilis laporan keuangannya sepanjang Q2 2018. Dalam laporan tersebut, Take-Two Interactive mengatakan Grand Theft Auto V merupakan game dengan penjualan paling laris sepanjang masa di Amerika Serikat.

"Grand Theft Auto V sudah terjual lebih dari 85 juta kopi. Menurut The NPD Goup, jika digabungkan dari semua platform penjualan game ini merupakan yang terbanyak sepanjang sejarah di Amerika Serikat," jelas pihak Take-Two Interactive dalam laporannya dikutip dari PC GAMER.

Menurut SteamSpy, jumlah pemilik game GTA V di Steam hanya 10 persen dari jumlah keseluruhan penjualan game tersebut, atau sekitar 8,5 juta. Meski terlihat sangat banyak, namun jumlah tersebut tergolong sedikit jika dibandingkan dengan penjualan di platform lainnya.

GTA V juga masih cukup banyak dimainkan meski sudah dirilis sejak beberapa tahun yang lalu. Hal tersebut dikarenakan Rockstar terus memberikan konten baru untuk GTA Online meski GTA Online masih bermasalah dengan para cheater hingga saat ini.

Di sisi lain, Rockstar masih bersiap merilis Red Dead Redemption 2 yang rencananya bakal dirilis tahun 2018 mendatang. Game dengan latar belakang dan tema kehidupan "wild west" atau era koboi di Amerika Serikat tersebut mendapat sambutan yang sangat baik di sekuel pertamanya. Tidak heran jika sekual kedua kali ini juga disambut sangat baik oleh berbagai gamer, kecuali gamer PC.

Meski telah diumumkan untuk PlayStation 4 dan Xbox One, Red Dead Redemption 2 masih belum diumumkan bakal dirilis di PC. Sekuel pertamanya memang tidak pernah hadir di PC yang kemungkinan bakal terjadi lagi di sekuel keduanya kali ini.

Mengingat belakangan Rockstar juga lebih memperhatikan PC dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, serta melihat perkembangan ekosistem game PC yang semakin membaik, seharusnya Rockstar juga mempertimbangkan untuk merilis Red Dead Redemption 2 di PC bersamaan dengan versi konsolnya.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.