Game Jepang Semakin Banyak di Steam, Ini Alasannya

Riandanu Madi Utomo    •    Sabtu, 10 Sep 2016 18:39 WIB
industri game
Game Jepang Semakin Banyak di Steam, Ini Alasannya
Little Kings Story adalah game terbaru XSeed yang dirilis di Steam

Metrotvnews.com: Jika Anda mengamati Steam akhir-akhir ini, mungkin Anda menyadari game buatan studio asal Jepang semakin banyak rilis di Steam.

Menurut CEO XSeed, Ken Berry, tren masuknya game buatan Jepang ke Steam akan terus berkembang. Jumlah game buatan developer Jepang yang dulunya hanya hadir di konsol dipastikan akan bertambah banyak di Steam.

Dalam wawancara dengan GamesIndustry, Berry mengatakan ada banyak faktor yang membuat developer Jepang sangat tertarik untuk merilis gamenya di Steam. Salah satu faktor yang paling berpengaruh adalah panjangnya umur distribusi di Steam.

Berbeda dengan game konsol yang didistribusikan menggunakan DVD atau Blu-ray, Steam menggunakan metode distribusi digital sehingga game yang ada di Steam bisa terus didistribusikan selamanya.

Alasan tersebut cukup menarik, mengingat pasar game Jepang di Steam tidak terlalu besar. Namun, karena semakin banyaknya game Jepang yang dirilis, pasar tersebut juga terus berkembang.

Meski Steam menawarkan keunggulan distribusi yang lebih baik, namun bukan berarti merilis game di Steam merupakan hal yang mudah. Berry mengatakan, banyak developer game Jepang yang masih kewalahan dengan permintaan para gamer PC yang dikenal memiliki standar tinggi. Beberapa bahkan bingung saat diminta untuk menghadirkan dukungan terhadap penggunaan tiga monitor.

Menurut Berry, hal tersebut dikarenakan developer Jepang selalu membuat game di ekosistem tertutup seperti konsol yang tidak memiliki banyak variasi hardware dan perangkat yang digunakan. Ia sendiri mengaku merasa cukup kewalahan untuk melakukan komunikasi dengan developer Jepang terkait hal tersebut.

Untungnya, gamer PC kebanyakan juga memiliki sifat yang sabar dan pengertian. Berry mengatakan, gamer PC banyak yang menyadari kondisi developer Jepang sehingga mereka tidak menuntut fitur untuk dihadirkan sesegera mungkin.

XSeed sendiri merupakan perusahaan publisher game yang juga adalah cabang dari perusahaan publisher game Jepang, Marvelous. XSeed yang dikenal sebagai Marvelous USA hingga saat ini telah cukup banyak merilis game di Steam, di antaranya adalah Ys, Senran Kagura Shinovi Versus, dan yang terbaru adalah Little King's Story. 


(MMI)

Ini Cara Bedakan Galaxy Note 7 Lama dengan Versi Terbaru

Ini Cara Bedakan Galaxy Note 7 Lama dengan Versi Terbaru

3 days Ago

Melalui situs resminya, Samsung memberitahukan pihaknya telah memberikan tanda khusus untuk mem…

BERITA LAINNYA
Video /