Review Game

Fallen Ghost Bikin Ghost Recon: Wildlands Lebih Menantang

Riandanu Madi Utomo    •    Selasa, 04 Jul 2017 22:38 WIB
gamesreview game indonesiaubisoft
Fallen Ghost Bikin Ghost Recon: Wildlands Lebih Menantang
Bagi kami, Fallen Ghosts bukan hanya sekadar DLC dengan konten tambahan biasa

Metrotvnews.com, Jakarta: Beberapa bulan yang lalu kami merilis artikel ulasan mengenai game Tom Clancy's Ghost Recon: Wildlands dan kami sangat puasa dengan game tersebut. Wildlands berhasil menghadirkan permainan yang menggabungkan aksi taktis dengan nuansa open-world yang seru. Bahkan kisah konspirasi ala Tom Clancy yang dihadirkan dalam game ini disajikan dengan apik.

Bagi Anda yang telah memainkan game ini hingga tamat, mungkin Anda akan merasa kurang puas dengan penutup ceritanya. Ubisoft tampaknya menyadari hal tersebut sehingga DLC Fallen Ghosts pun akhirnya dirilis. DLC ini tampak tampil sebagai penutup cerita dari konflik yang menyangkut pemerintah Bolivia, kartel narkoba Santa Blanca, dan para pemberontak.



Fallen Ghosts menggunakan latar belakang cerita pascaruntuhnya kerajaan kartel narkoba Bolivia, yaitu Santa Blanca. Meski kartel narkoba kelas kakap tersebut telah runtuh, rakyat Bolivia masih berada dalam ancaman akibat kekacauan yang terjadi selama pemberontakan. Hal tersebut diperparah dengan bocornya informasi bahwa agen Amerika Serikat ternyata ikut membantu pemberontak secara diam-diam.

Mendengar hal tersebut, pemerintah Bolivia melalui pasukan khusus UNIDAD menyewa pasukan bayaran bernama Los Extranjeros. Berbeda dengan pasukan kartel yang sangat amatir, Los Extranjeros merupakan pasukan profesional yang sangat terlatih serta memiliki peralatan tempur yang sangat memadai, bahkan menyaingi para Ghost Operative.



Tujuan direkrutnya Los Extranjeros hanya satu, yaitu memburu agen Amerika Serikat yang masih berada di Bolivia. Namun di balik operasinya, Los Extranjeros ternyata juga ikut terlibat dalam aksi opresif terhadap masyarakat Bolivia. Sebagai Ghost Operative, Anda diterjunkan untuk menyelamatkan para agen Amerika Serikat di Bolivia dan mencari tahu apa saja pelanggaran yang dilakukan Los Extranjeros.

Sayangnya, operasi tidak berjalan mulus. Sesaat sebelum mendarat di titik penurunan, helikopter yang membawa para Ghost Operative ditembak jatuh oleh misil anti pesawat milik Los Extranjeros. Untungnya, semua anggota Ghost Operative berhasil selamat, namun di balik itu semua masih ada bahaya lain yang mengincar.



Di luar dugaan kami, pasukan Los Extranjeros ternyata  jauh lebih sulit untuk dihadapi ketimbang pasukan UNIDAD dan kartel Santa Blanca. Pasalnya, pasukan Los Extranjeros dilengkapi dengan peralatan khusus yang sangat membatasi gerak-gerik Anda sebagai Ghost Operative.

Salah satu pasukan Los Extranjeros dengan peralatan khusus yang sangat mengganggu adalah Amored. Pasukan tersebut dilapisi oleh lapisan pelincung khusus yang membuatnya kebal peluru bahkan ledakan ringan. Satu-satunya cara yang ampuh untuk melumpuhkan pasukan tersebut adalah menembak kepalanya.

Selain itu terdapat juga pasukan Elite Sniper yang bisa mengintai dari jarak yang sangat jauh, serta Covert Ops yang tampil dengan baju khusus sehingga mereka sulit untuk dilihat mata telanjang. Covert Ops baru bisa terlihat jika Anda menggunakan thermal sensor.



Pasukan yang paling mengganggu bagi kami adalah Jammer. Dibekali dengan peralatan khusus, Jammer mampu membuat seluruh peralatan elektronik pasukan Ghost Operative menjadi tidak berguna. Dengan demikian, Anda tidak akan bisa melakukan tagging, mengontrol drone, bahkan menggunakan sensor thermal dan night vision. Tidak hanya itu, radar juga tidak akan menampilkan informasi apapun.

Untungnya, selama permainan para Ghost Operative dibekali dengan kemampuan dan teknologi baru. Salah satu yang paling menarik adalah Attack Drone yang memungkinkan drone untuk menembakkan maksimal tiga peluru. Teknologi dan kemampuan tersebut membuat kami lebih mudah dalam menghadapi Los Extranjeros.

Secara gameplay, Fallen Ghosts tidak ada yang berbeda dengan versi standar. Hanya saja, DLC ini menawarkan mekanisme yang lebih menantang. Bagi Anda yang suka bermain frontal, kami rasa akan sangat sulit untuk menumbangkan Los Extranjeros.



Map yang digunakan di DLC ini juga jauh lebih kecil, yaitu tiga provinsi saja. Tugas Anda adalah melumpuhkan tiga pemimpin Los Extranjeros di setiap provinsi dan akhirnya memancing komandan utamanya keluar dari sarangnya. Untuk itu, Anda harus mencari tahu dimana lokasi ketiganya berada.


Kesimpulan

Bagi kami, Fallen Ghosts bukan hanya konten tambahan biasa. Fallen Ghosts menyajikan gameplay dengan tantangan baru yang mengharuskan Anda meluangkan waktu lebih lebih lama lagi bersama Ghost Recon: Wildlands. Tingkat kesulitan dan tantangan misinya merupakan nilai tambah yang paling menarik dalam DLC ini.

Sayang, kami masih menemukan beberapa bug dan glitch di dalam game. Beberapa di antaranya adalah musuh yang muncul kembali secara tiba-tiba setelah dibunuh, hingga alert dan awareness musuh yang tidak kunjung hilang.

Platform: PC, PlayStation 4, PlayStation 3
Developer: Ubisoft
Publisher: Ubisoft
Tanggal Rilis: 7 Maret 2017
Jenis: Tactical Shooter
Situs Resmi: https://ghost-recon.ubisoft.com/wildlands
Rating Usia: Dewasa (ESRB), 18 (PEGI)

Ghost Recon: Wildlands, The Fallen Ghost DLC

 

9

  • Lebih menantang
  • Gameplay cukup panjang
  • Penutup cerita yang tepat untuk Ghost Recon: Wildlands
  • Masih beberapa bug yang cukup mengganggu



(MMI)

Video /