Esport Jadi Cabang Asian Games 2022

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 19 Apr 2017 20:26 WIB
gamesesport
Esport Jadi Cabang Asian Games 2022
Ilustrasi. (Wikimedia Commons)

Metrotvnews.com: Esport akan menjadi bagian dari Asian Games yang akan diadakan di Tiongkok pada 2022. Dewan Olimpiade Asia (OCA) berkata, mereka ingin merefleksikan pertumbuhan popularitas dan perkembangan olahraga jenis baru ini. 

Hal ini akan jadi satu langkah maju untuk esport. Sebelum menjadi cabang olahraga dalam Asian Games, esport akan ditampilkan dalam Asian Games yang diadakan di Jakarta pada tahun depan. OCA tidak memberikan daftar lengkap game yang akan menjadi bagian dari turnamen tersebut.

Namun, mereka menyebutkan bahwa para peserta akan dapat bertanding dalam FIFA 2017 dan juga game MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) serta RTA (Real Time Attack). The Verge memperkirakan, game yang akan dilombakan adalah League of Legends dan StarCraft II. Satu hal yang harus diingat, itu hanya bisa terjadi jika OCA berhasil mendapatkan perjanjian dengan para developer seperti Riot dan Blizzard.

Dalam acara Asian Games di Jakarta, esport hanya akan didemonstrasikan. Sementara pada 2022, esport akan dilombakan. Esport akan ada di posisi yang sama seperti olahraga tradisional lain. Para atlet esport profesional dapat bersaing untuk memperebutkan medal olimpiade, lapor Engadget.

Keputusan untuk mengikutsertakan esport dalam Asian Games merupakan bagian dari perjanjian kerja sama antara divisi esport e-commerce Alibaba dan OCA. Ia adalah pencapaian tersendiri untuk esport. Kali ini, perkembangan esport tidak hanya berupa naiknya hadiah yang diberikan dalam sebuah turnamen.

Pertumbuhan esport di Asia dianggap lebih cepat jika dibandingkan dengan kawasan lain. Para analis percaya, pendapatan di industri esport akan naik menjadi USD696 juta (Rp9,3 triliun) pada tahun ini, dengan Tiongkok memberikan kontribusi sebesar 15 persen. 

Asian Games mungkin tidak menawarkan hadiah uang sebesar turnamen gaming profesional yang ada saat ini. Namun, keikutsertaan esport dalam acara tersebut akan membuat esport diakui layaknya olahraga tradisional. Asian Games diakui oleh Komite Olimpiade Internasional dan acara tersebut disebutkan sebagai kompetisi olahraga terbesar kedua terkait jumlah atlet yang berpartisipasi. 


(MMI)

Video /