Review Game

Berpetualang Sebagai Kesatria Buta di A Blind Legend

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Minggu, 09 Oct 2016 20:55 WIB
review game indonesia
Berpetualang Sebagai Kesatria Buta di A Blind Legend
Dalam A Blind Legend, Edward Blake akan ditemani puterinya, Louise.

Metrotvnews.com, Jakarta: Smartphone kini telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Namun, pada dasarnya, smartphone dibuat untuk digunakan oleh orang yang memiliki indera yang lengkap, termasuk indera penglihatan. Tidak banyak aplikasi, terutama game, yang dibuat khusus untuk para tuna netra. 

Developer
game DOWiNO dan France Culture, stasiun radio Prancis bekerja sama membuat game berjudul A Blind Legend, yang dibuat untuk penyandang tuna netra atau mereka yang ingin mencoba game tidak biasa. 

Dalam A Blind Legend, Anda bermain sebagai Edward Blake, seorang kesatria buta. Sepanjang perjalanan, Anda akan dituntun oleh anak perempuan Edward, Louise. Didesain sepenuhnya untuk tuna netra, A Blind Legend hanya akan menampilkan satu gambar: layar yang dipenuhi kabut abu-abu dan hitam. 



Untuk dapat bermain, Anda akan diminta untuk menggunakan headphone. Hal ini penting karena saat bermain, Anda akan sepenuhnya menggantungkan diri pada indera pendengaran Anda untuk tahu apa yang terjadi di sekitar, termasuk darimana musuh akan menyerang.

Game dimulai saat sekelompok kesatria dari kerajaan datang dan menculik istri Edward. Inilah awal dari petualangan Edward untuk menyelamatkan istrinya. Selama perjalanan, dia akan ditemani oleh Louise yang akan mengarahkan kemana Anda harus pergi.

Untuk menggerakkan Edward, Anda hanya perlu melakukan swipe ke atas untuk maju dan swipe ke bawah untuk mundur. Untuk berganti arah, Anda bisa melakukan swipe ke kanan atau ke kiri. Bahkan saat bermain game dengan mata terbuka lebar, saya sering tersesat. Karena itu, saya sering men-tap layar agar Louise memberitahu apakah saya sudah ada di jalan yang benar.

Jika saya menghadap arah yang salah, dia akan meneriakkan kalimat seperti, "Belok ke kiri!" sementara jika saya sudah ada di jalan yang benar, dia akan meneriakkan, "Lurus terus!" atau "Sudah dekat!". Sejujurnya, saya sedikit grogi saat Edward harus bertarung dengan musuh yang ada, mulai dari serigala hingga para tentara.

Sambil memandang layar yang hanya dipenuhi dengan kabut, saya harus berkonsentrasi mendengarkan dari arah mana musuh akan datang. Saat melawan binatang liar, hal ini ditandai dengan suara geraman. Sementara saat melawan tentara, maka yang menjadi tanda adalah olok-olok dari mereka. 

Biasanya, saya selalu mencubit (pinch) layar untuk menggunakan perisai Edward. Dengan begitu, saya bisa membiarkan musuh menyerang untuk memastikan lokasi musuh berada. Setelah yakin, saya bisa melakukan swipe ke arah musuh untuk menyerangnya. Namun, saya harus memastikan momentum serangan saya tepat, yaitu tepat sebelum musuh menyerang. Jika tidak, justru Edward yang akan terluka.

Edward juga memiliki health bar. Dalam pertarungan, Anda akan dapat mendengar detak jantung Edward yang teratur. Jika Edward terluka, detak jantungnya akan menjadi semakin cepat. 

Meskipun game ini sepenuhnya mengandalkan audio (bahkan menu dari game ini pun menggunakan audio), tapi ia cukup menyenangkan untuk dimainkan, terutama karena ia terasa berbeda dari kebanyakan game yang ada. 

Pada awalnya, saya sedikit kikuk karena harus sepenuhnya fokus pada suara dan menatap kosong ke arah layar yang hanya menunjukkan kabut kelabu. Namun, lama-kelamaan, saya terbiasa untuk mendengarkan Louise mengarahkan Edward. Saya cukup senang dengan detail suara yang ada. Misalnya, derap kuda para tentara yang mengejar. Saat saya berhasil berlari menjauh, derap kuda akan terdengar semakin samar. Namun, voice acting dalam game ini agak sedikit kaku.

Kesimpulan
A Blind Legend menawarkan konsep yang unik, yang tidak hanya bisa dinikmati oleh penyandang tuna netra tapi mereka yang ingin memainkan game yang lain dari biasanya. Suara yang ada di dalam game cukup jelas, meski suara dari para karakter terdengar kaku dan kurang ekspresif. 

Namun, setelah Anda terbiasa dengan gameplay yang ada, mungkin Anda akan merasa sedikit bosan. Karena di sini, Anda hanya dapat menikmati 2 mode: saat Anda mencari jalan dan saat Anda bertarung. 

Platform: iOS, Android, PC
Developer: DOWiNO
Publisher: Plug In Digital
Tanggal Rilis: April 2016
Jenis: Adventure
Situs Resmi: www.ablindlegend.com/en/home-2/

 

A Blind Legend

 

8,3

  • Gameplay yang unik
  • Ide yang menarik dan orisinal
  • Voice acting yang tidak terlalu baik



(MMI)

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s
Review Smartphone

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s

4 days Ago

Polytron Prime 7s hadir dengan desain tipis dan ringan serta berkesan elegan, namun didukung ba…

BERITA LAINNYA
Video /