Review Game

Shadow Tactics: Blades of The Shogun, Tekankan Taktik dan Kesabaran

Mohammad Mamduh    •    Rabu, 15 Feb 2017 21:38 WIB
gamesreview game indonesia
Shadow Tactics: Blades of The Shogun, Tekankan Taktik dan Kesabaran
Shadow Tactics: Blades of The Shogun

Metrotvnews.com, Jakarta: Saat ini, game dengan kategori AAA pada umumnya mengusung konsep action yang menuntut pemain beraksi secara cepat. Hasilnya, tempo permainan dirasa lebih seru, dan membuat pemain bersemangat untuk menamatkannya.

Namun, sebenarnya ada juga game yang tidak selalu menuntut pemain bergerak cepat, tetapi tetap asyik untuk dimainkan. Shadow Tactics: Blades of The Shogun adalah salah satunya. Bukan kecepatan, game ini justru bisa melatih kesabaran Anda dan melatih berpikir taktis. Benarkah demikian? Berikut review Metrotvnews.com.

Cukup berbeda dengan game populer lainnya, Shadow Tactics: Blades of The Shogun adalah game besutan developer indie Mimimi Productions, yang mendapat dukungan dari publisher Daedalic Entertainment. Mengutamakan proses yang tepat untuk penyelesaian misi, game ini menggunakan latar zaman Edo Jepang.

Dikisahkan sang Shogun yang sedang berkuasa berhasil menyatukan wilayah Jepang yang sempat dilanda perang berkepanjangan, ada satu sosok misterius baru yang mengancam kedamaian itu. Sang shogun kemudian mengutus samurai kepercayaannya, Mugen, untuk mengumpulkan informasi dan menjalankan berbagai misi. Tidak sendirian, ia bertemu dengan empat karakter lainnya, Hayato, Yuki, Aiko, dan Takuma, dengan keahlian yang unik.



Bukan grafis, mekanisme permainan justru merupakan keunggulan utama Shadow Tactics: Blades of The Shogun. Game ini memaksimalkan konsep stealth, yang berarti pemain diminta untuk melakukan aksinya tanpa ketahuan musuh, ketimbang menghantam mereka semua sampai tak tersisa. Ditambah dengan sudut pandang kamera top-down, Shadow Tactics: Blades of The Shogun mengingatkan saya dengan dua game legendaris, Desperado dan Commandos. Ya, dalam menyelesaikan misi, Anda diminta untuk melakukannya secara senyap, dan cara seperti ini tidak pernah mudah. Oleh karena itu, Shadow Tactics: Blades of The Shogun akan melatih berpikir taktis sekaligus kesabaran pemainnya.

Tidak melulu harus melumpuhkan musuh, Anda lebih dituntut untuk melewati mereka semua tanpa harus menghunus katana. Bersembunyi di balik semak belukar, masuk ke dalam rumah, atau memanjat ke atap adalah gerakan yang wajib Anda lakukan. Ketahuan musuh bisa berarti permainan berakhir, karena daya serang Anda tidak akan bisa menyamai mereka dengan persenjataan yang lebih kuat. Meskipun menghadirkan konflik yang meminta Anda memenangkannya, Shadow Tactics: Blades of The Shogun memiliki pendekatan yang istimewa.



Seperti yang sudah dijelaskan, Mugen tidak beraksi sendirian. Anda bisa saja diminta menyelesaikan misi maksimal dengan dua karakter berdasarkan plot cerita. Teknik senyap dalam Shadow Tactics: Blades of The Shogun lebih menekankan kolaborasi antar karakter. Uniknya, setiap karakter ini memiliki kemampuan khusus, misalnya Hayato, seorang ninja yang punya teknik stealth lebih baik, bisa berlari lebih cepat. Sementara Yuki bisa memancing musuh ke wilayah yang telah dipasangi perangkap.

Mugen sendiri adalah seorang samurai yang mampu melumpuhkan 3 lawan sekaligus secara cepat. Takuma adalah seorang penembak jitu yang sangat hebat, dan Aoki lihai dalam penyamaran. Untuk menghasilkan kolaborasi yang tepat, Anda bisa memberhentikan permainan sementara, untuk memberikan perintah agar dapat dieksekusi semua karakter yang terlibat sekaligus.

Dalam Shadow Tactics: Blades of The Shogun, Anda tidak akan menemukan grafis berat yang menuntut kinerja VGA high-end. Namun, tampilan visualnya masih enak dipandang. Alasannya adalah penggunaan cell-shaded yang mampu menggambarkan latar permainan nuansa zaman Edo Jepang dengan baik. Bangunan, kereta kuda, efek asap, ledakan, atau efek lainnya sudah sangat tepat, dan secara performa tidak akan bermasalah jika Anda memiliki PC dengan spesifikasi minimum yang disarankan. Gamer biasanya protes ketika menemukan game dengan kamera top-down, karena pasti ada beberapa sudut mati yang tidak bisa terlihat.



Shadow Tactics: Blades of The Shogun menghapus batasan tersebut, sehingga Anda bisa melihat dari sudut yang berbeda. Gunanya adalah untuk menemukan tempat strategis yang bisa menunjang misi. Selain itu, cerita yang menarik dan interaksi antar karakter yang apik membuat permainan cukup dinamis. Hal tersebut bisa terlihat ketika muncul percakapan antar karakter, bahkan musuh sekalipun di tengah permainan.

Satu-satunya kekurangan Shadow Tactics: Blades of The Shogun adalah tingkat kesulitan yang akan membuat sebagian gamer geleng kepala. Memang, Anda perlu mengulang berkali-kali atau menyelesaikan misi dalam waktu yang tidak sebentar, mengingat gaya permainan khas ini menuntut Anda untuk tidak bertindak sembarangan. Tutorial awal permainan mungkin masih mengundang pertanyaan, terutama yang berhubungan dengen sistem kontrol. Hal ini mungkin bisa terobati dengan fitur save di mana saja.

Kesimpulannya, penggemar Commandos atau bukan, Shadow Tactics: Blades of The Shogun adalah game yang layak untuk Anda mainkan.
 
Platform: PC
Developer: Mimimi Productions
Publisher: Daedalic Entertainment
Tanggal Rilis: 6 Desember 2016
Jenis: Real-Time Tactics
Situs Resmi: http://www.shadow-tactics.com
 

Shadow Tactics: Blades of The Shogun

 

9,5

  • Gameplay istimewa
  • Interaksi antar karakter dinamis
  • Save game di mana saja
  • Tingkat kesulitan cukup tinggi
  • Tutorial masih mengundang pertanyaan



(MMI)

Video /